Pemerintah Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara mendapat piagam penghargaan dari Kementerian Kesehatan atas capaian target pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Tahap I.

Kepala Dinas Kesehatan Samosir dr. Dina Hutapea di Pangururan, Rabu, mengatakan capaian tersebut merupakan upaya Dinas Kesehatan Samosir dengan mengerahkan petugas kesehatan puskesmas, khususnya bidan desa dalam imunisasi anak.

Dengan memberikan pelayanan terbaik, katanya, imunisasi bagi anak-anak di Kabupaten Samosir terlaksana dengan baik dan mencapai target.

"Imunisasi ini sangat penting, bertujuan untuk menurunkan angka kesakitan, kecacatan, bahkan kematian akibat penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi seperti penyakit Polio, Difteri, Tetanus, Pertussis (Batuk Rejan), Campak, dan Rubella," katanya.

Baca juga: Pemkab-Kejari Samosir kerja sama bidang hukum perdata dan TUN

Pelayanan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Kabupaten Samosir dengan target sasaran 37.993 orang. Dinas Kesehatan Samosir berhasil melakukan imunisasi kepada 36.591 orang atau cakupan 96,31 persen.

Bulan Imunisasi Anak Nasional dilaksanakan di posyandu dan Sekolah Dasar se-Kabupaten Samosir yang meliputi imunisasi tambahan Campak-Rubella dengan sasaran anak usia 9-59 bulan.

Selain itu, imunisasi kejar menyasar pada anak usia 12-59 bulan yang belum lengkap mendapatkan imunisasi Oral Polio Vaccine (OPV), Inject Vaccine Polio (IPV) dan DPT-HB-Hib (Difteri, Pertusis, Tetanus-Hepatitis B-Haemophilus influenzae type b), serta Campak-Rubella.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022