Perusahaan pembangkit listrik tenaga panas bumi PT Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP) turut mendukung penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) XXIII tingkat Kabupaten Mandailing Natal (Madina) yang dilaksanakan di Desa Sibanggor Tonga, Kecamatan Puncak Sorik Marapi.

Musabaqah tilawatil qur'an tingkat kabupaten ini sendiri berlangsung sejak Senin (29/4) dan selesai pada hari Kamis (2/5).

Selain memberikan souvenir kepada seluruh peserta, perusahaan yang bergerak dibidang pembangkit listrik tenaga panas bumi ini juga membuka stand pameran produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal yang sedang dijalankan masyarakat.

Produk-produk lokal ini merupakan kerja sama dengan perusahaan melalui program corporate social responsibility.

"Didalam mensukseskan pelaksanaannya kita juga membuka stand di arena MTQ, dengan memamerkan produk UMKM lokal yang dibina communty development melalui program CSR," sebut Kepala Teknik Panas Bumi PT SMP, Ali Sahid, Jumat (3/5).

Ardi, penanggung jawab juga perwakilan Naposo Nauli Bulung Sibanggor mengatakan, ada beberapa jenis produk makanan asli buatan tangan masyarakat yang dihasilkan dari program CSR binaan perusahaan itu.

"Ada keripik seno godang, keripik ubi jalar, keripik labu jipang, keripik sambal mandailing, gula aren dan kopi dolok. Produk ini semua berjalan atas bantuan program CSR SMGP," katanya.

Ia mengatakan, UMKM lokal ini sangat membantu masyarakat terutama kalangan ibu rumah tangga. 

Meskipun begitu, di sisi lain Ardi mengungkapkan UMKM lokal ini masih terkendala di bidang marketing. Karena masih ada kendala pada lisensi atau perizinan (PIRT).

"Tapi sudah punya produk halal. Kami bersama tim Comdev SMGP sedang mengupayakan agar perizinannya secepatnya tuntas, sehingga tidak terkendala lagi di pasar," pungkasnya.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024