Pemerintah Desa Tabuyung bekerja sama dengan PT Sawit Sukses Sejati (SSS) melakukan normalisasi parit sepanjang lebih kurang 6.000 meter. 

Normalisasi dan pembersihan parit ini dilakukan untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya banjir di desa itu.

Aksi normalisasi itu menggunakan sebuah alat berat. Dan kegiatannya dimulai sejak beberapa Minggu yang lalu. Sedangkan pembersihannya difokuskan ke sejumlah titik salah satunya adalah perumahan Tsunami. 

Kepala Desa Tabuyung, Kecamatan Muara Batang Gadis, Zia Ul Haq Nasution, Rabu (27/9) mengatakan,  jika pada musim penghujan tiba, sejumlah titik di desa Tabuyung kerap menjadi genangan banjir dan kejadian ini sudah berlangsung selama bertahun-tahun.

Untuk itu, dia berharap dengan adanya kegiatan normalisasi ini dapat mencegah terjadinya banjir yang selama ini menjadi keluhan warga di desanya.

"Selama ini banyak datang keluhan dari warga, jika pada musim penghujan pemukiman mereka kerap menjadi langganan banjir. Untuk mengantisipasi itu makanya kita melakukan normalisasi parit" ujarnya.

Zia menyebut, normalisasi ini merupakan usaha pemerintah dalam membantu masyarakatnya dalam mengatasi banjir yang selama ini dikeluhkan warga.

"Normalisasi ini sebagai usaha pemerintah untuk membantu masyarakat sehingga mereka terhindar dari genangan air ketika hujan turun," imbuhnya.

Kades mengucapkan terima kasih kepada pihak perusahaan yang sudah membantu terlaksananya normalisasi parit tersebut. Bantuan itu berupa alat berat.

"Mulai dari alat berat hingga bahan bakar minyak dari pihak perusahaan, sehingga sebagai pimpinan di Desa Tabuyung sudah selayaknya berterima kasih," ungkapnya.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023