Anggota Komisi III DPR RI Hinca I.P Panjaitan mendukung program Kapolres Asahan tentang BERKAH melalui JEMARI SIPOPE yang langsung bersentuhan dengan masyarakat di daerah Kabupaten Asahan, Sumatera Utara.

"Saya akan mendatangi pelosok-pelosok di wilayah Asahan untuk mendengar keluh kesah yang ada di tengah masyarakat saat ini untuk bisa memberi masukan ke pusat," kata Hinca saat berkunjung di Polres Asahan, Selasa, yang disambut Kapolres Asahan AKBP Rocky H Marpaung beserta jajaran.

Tujuan kunjungan kerja Anggota Komisi III DPR RI itu dalam rangka silaturahim dan membahas rencana pembuatan buku tentang Situasi Kamtibmas dan Karakteristik Masyarakat Kabupaten Asahan.

Hinca menyebutkan ada dua program yang ternyata sudah berjalan di Kabupaten Asahan. Pertama adalah memberantas narkoba dan kedua adalah keadilan untuk rakyat miskin.

"Saya melihat di Indonesia ini jumlah penghuni di lapas sudah kelebihan kapasitas, ternyata setelah saya lihat banyak sekali kasus kecil yang ada di dalam lapas. Namun anggaran untuk biaya makan dan proses hukum besar sekali. Nanti kami akan evaluasi lagi," ucapnya.

Baca juga: FKUB apresiasi tindakan tegas Kapolres Asahan gerebek judi
 

Ia mengakui sudah bicara kepada Kapolri agar mengajak penegak hukum lain menerapkan "restorative justice" (RJ) untuk menangani kasus kecil. Pendekatan ini bertujuan untuk mencapai rekonsiliasi, pemulihan melalui dialog terbuka, dan responsif antara korban, pelaku, dan masyarakat terkena dampak.

"Semoga Kapolres Asahan bisa mencari cara bagaimana menekan kasus kecil agar tidak langsung diproses hukum dan dilakukan 'restorative justice', kecuali memang kasus besar atau DPO yang wajib dilakukan penindakan hukum," katanya.

Sementara itu, Kapolres Asahan AKBP Rocky H Marpaung mengatakan Hinca adalah salah satu yang mendukung kesejahteraan Polri, salah satunya adanya tunjangan bhabinkamtibmas.

Terkait buku yang dibuat Hinca tentang Kabupaten Asahan nanti akan didukung dan dibantu dalam merumuskan data valid yang dituliskan.

"Kami Polres Asahan punya program yang bernama BERKAH melalui JEMARI SIPOPE. Jadi untuk program stunting yang dilakukan pemerintah ini secara masif sudah saya lakukan dengan memberikan bantuan susu dan sembako kepada masyarakat hingga ke pelosok desa," kata Rocky.

Kapolres menambahkan bahwa akan ada kegiatan yang mengundang semua manajer Kebun PTPN se- Kabupaten Asahan untuk melaksanakan sosialisasi narkoba agar tidak ada lagi penyebaran maupun penggunaan narkoba di ruang lingkup kebun.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023