Setelah lumpuh total selama beberapa jam akibat tertimbun material tanah longsor akhirnya jalan Provinsi Panyabungan - Simpang Gambir kembali normal dan sudah bisa dilalui semua jenis kenderaan.

"Alat berat kita semalaman bekerja, membersihkan material tanah longsor dari badan jalan. Sekitar pukul 02.00 WIB lalu lintas sudah kembali lancar," kata Kepala UPTJJ Kotanopan Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sumatera Utara, Andi Hakim kepada wartawan, Selasa (17/12).

Untuk mengantisipasi longsor di sepanjang jalan Provinsi Panyabungan - Simpang Gambir UPTJJ Kotanopan Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sumatera Utara akan tetap menempatkan alat berat disepanjang jalan tersebut.

Baca juga: Longsor di Batang Natal, lalu lintas Panyabungan - Simpang Gambir putus total

"Mengingat saat ini cuaca musim hujan, ditambah struktur tanah tebing, jurang dan mudah terjadi longsor kita tetap menempatkan alat berat di lokasi yang mudah longsor," katanya.

Mengingat jalur Panyabungan - Simpang Gambir merupakan daerah yang rawan longsor kepada pengguna jalan dihimbau agar senantiasa ekstra hati-hati terutama pada musim penghujan.

Sementara itu, Suhdi Kasubbag Kepegawaian pada Dinas Infokom Madina yang dikonfirmasi mengakui lalu lintas pada jalur tersebut saat sudah lancar.

"Ya, kenderaan sudah bisa lewat. Kita lihat alat berat juga saat ini standby di lokasi," ujarnya.

Baca juga: Jalan menuju kawasan wisata Bukit Lawang Langkat longsor

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019