PT Tirta  Sibayakindo Danone AQUA yang berlokasi di Desa Doulu Kecamatan Berastagi ikut ambil bagian dalam upaya pencegahan penularan virus COVID-19. Kepedulian ini dibuktikan dengan melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin di Desa Semangat Gunung Kecamatan Merdeka dan Desa Doulu Kecamatan Berastagi.

Esron Siringoringo selaku Stakeholder Manager didamping Darmadi ST selaku CSR Coordinator PT. Tirta Sibayakindo dalam siaran pers yang diterima di Medan, Rabu (29/7)  menyatakan penyemprotan Disenfektan kali ini menggunakan bahan disinfektan yang ramah lingkungan yakni menggunakan eco enzyme.

Melalui pertemuan koordinasi antara PT Tirta Sibayakindo dan PT Pertamina Geotermal Energy Area Sibayak.  dilihat bahwa pandemic COVID-19 ini membutuhkan sinergitas dalam penanggulangannya maka diputuskan kolaborasi kedua belah pihak untuk  kegiatan penyemprotan disinfektan dilakukan bersama-sama.

Baca juga: AQUA melalui Mitra Sources of Indonesia kembali perkuat fungsi kawasan pelestarian alam di Tahura

Sebuah kendaraan dengan bak terbuka berisi tangki cairan disinfektan, dilengkapi mesin kompresor untuk menyemprot seluruh sudut desa dipakai sebagai kendaraan operasional. Tidak ketinggalan sebanyak 5 orang tim dari Pertamina dan 5 orang dari Tirta Sibayakindo dilengkapi dengan APD, Masker, Face Shield, Sarung Tangan, Sepatu Lapangan  langsung turun ke tempat-tempat fasilitas umum, jambur, kantor desa, puskesmas pembantu, rumah ibadah, dll.

Kepala Desa Semangat Gunung M. Ahyar Ginting saat diwawancarai di kantornya menyambut baik aktivitas penyemprotan disinfektan ini, dan menyampaikan apresiasi yang tinggi untuk kepedulian dan kolaborasi dari kedua perusahaan yang berada di daerah mereka yaitu PT.Tirta Sibayakindo dan PT. Pertamina Geotermal Energy Sibayak.

Baca juga: AQUA melalui Mitra Cipta Fondasi Komunitas perkuat sistem kekebalan tubuh bagi masyarakat terdampak COVID-19

Virus Corona yang dikenal dengan COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh Virus Corona yang ditemukan akhir Tahun 2019 lalu. 

Virus ini sangat kecil dan tidak dapat dilihat langsung oleh mata, menurut WHO Virus COVID-19 dapat tersebar terutama karena transmisi melalui droplet (tetesan kecil) air ludah yang dihasilkan saat orang yang terinfeksi batuk, bersin atau menghembuskan nafas. 

Droplet dengan cepat jatuh dan menempel pada permukaan benda. Maka penularan dapat terjadi apabila orang sehat menghirup udara yang mengandung Virus Covid-19 dari orang yang sudah terinfeksi COVID-19 atau menyentuh permukaan benda yang juga sudah terkontaminasi kemudian menyentuh mata, hidung atau mulut.

Pewarta: Akung

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020