PT Tirta Sibayakindo yang merupakan produsen air minum dalam kemasan (AMDK) merek AQUA melalui Yayasan Cipta Fondasi Komunitas (CFK) memberikan paket nutrisi tambahan kepada ibu hamil dan ibu menyusui yang tinggal di Desa Doulu Kecamatan Berastagi dan Desa Semangat Gunung Kecamatan Merdeka. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program pengembangan masyarakat untuk pencegahan dan penurunan angka stunting di masyarakat. 

Selain itu, pemberian paket nutrisi juga berdampak besar bagi peningkatan daya tahan tubuh bagi ibu hamil dan ibu menyusui untuk menghadapi serangan Covid-19 yang tengah mewabah. 

Berdasarkan informasi dari WHO, stunting adalah gangguan tumbuh kembang anak yang disebabkan kekurangan asupan gizi, terserang infeksi, maupun stimulasi yang tak memadai. 

Tindakan yang relatif ampuh dilakukan untuk mencegah stunting pada anak adalah selalu memenuhi gizi sejak masa kehamilan. Calon bayi harus mendapatkan asupan gizi lengkap. 

Menurut ahli nutrisi dari Universitas Hohenheim, Jerman, menyatakan ASI ternyata berpotensi mengurangi peluang stunting pada anak berkat kandungan gizi mikro dan makro. 

Oleh karena itu, ibu disarankan untuk tetap memberikan ASI Eksklusif selama enam bulan kepada sang buah hati. Protein whey dan kolostrum yang terdapat pada susu ibu pun dinilai mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi yang terbilang rentan. (http://promkes.kemkes.go.id/pencegahan-stunting). 

Situasi Pandemi Covid-19 telah mempengaruhi semua aspek kehidupan masyarakat. Banyak masyarakat yang terdampak secara ekonomi. Namun asupan gizi ibu hamil dan ibu menyusui harus tetap diperhatikan. 

Oleh sebab itu melalui kegiatan ini telah diberikan paket nutrisi dan makanan tambahan kepada ibu hamil dan ibu menyusui sebanyak 100 paket dan masih akan dilanjutkan dalam beberapa hari kedepan. 

Paket nutrisi dan makanan tambahan tersebut diberikan kepada kepada ibu hamil dan ibu menyusui di Desa Semangat Gunung Kecamatan Merdeka dan Desa Doulu Kecamatan Berastagi bersama-sama dengan petugas bidan desa dan pihak puskesmas setempat. 

Menurut Kepala Puskesmas Berastagi dr. Rahmenda Sembiring MKM bahwa kegiatan pemberian paket nutrisi dan makanan tambahan kepada ibu hamil dan ibu menyusui sangat penting sekali karena ada dua tujuan utama, yaitu mencegah penurunan angka stunting di masyarakat dan secara langsung meningkatkan daya tahan tubuh bagi ibu hamil dan ibu menyusui dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 ini. 


Menurut Esron Siringoringo selaku Stakeholder/CSR Manager PT. Tirta Sibayakindo, bahwa kegiatan seperti ini akan terus dilakukan dengan bekerjasama dengan berbagai pihak untuk mewujudakan masyarakat yang berada di seputaran pabrik memahami akan pentingnya nutrisi bagi ibu hamil dan ibu menyusui demi mencegah dan menekan angka stunting. Apalagi saat ini ibu hamil dan ibu menyusui adalah bagian masyarakat yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi Covid-19. 

Hal senada juga di ungkapkan oleh Lastiur Banjarnahor sebagai Koordinator Lapangan dari Yayasan Cipta Fondasi Komunitas (CFK) bahwa ibu hamil dan ibu menyusui yang menerima paket ini sangat antusias dan merasakan sangat terbantu dalam memenuhi pemenuhan nurtrisi dan makanan tambahan, terlebih dari situasi pandemi ini. 

Lastiur menambahkan, Paket nutrisi tambahan yang diberikan berupa bubur kacang hijau dan telur. Dalam proses penyediaannya, Kita memberdayakan ibu-ibu untuk memasak bubur kacang hijau dan membeli telur dari peternak bebek yang ada di desa tersebut. 

Hal ini bisa sekaligus membantu ekonomi masyarakat yang terdampak akibat Covid-19 dan diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran dan solidaritas kolektif untuk welas asih dalam kehidupan masyarakat.


Pemberian Nutrisi dan makanan tambahan ini akan di lakukan secara bertahap bekerjasama dengan ber bagai pihak sebagai dukungan terhadap pencegahan stunting di Kabupaten Karo khsususnya di Desa Doulu dan Desa Semangat Gunung. Berbagi nutrisi tambahan adalah berbagi kehidupan.

Pewarta: Rel

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020