Melihat keberhasilan daur ulang plastik yang dilakukan Desa Perlis Kecamatan Brandan Barat Kabupaten Langkat menggugah Dinas Lingkungan Hidup setempat untuk meminjam pakaikan mesin alat pencacah plastik.

Hal itu diutarakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Langkat Iskandar Zulkarnaen Tarigan, di Stabat, Minggu.

Baca juga: Polbangtan Medan juara III lomba daur ulang tingkat nasional

"Pinjam pakai mesin pencacah plastik itu dimaksudkan untuk menunjang proses pengerjaan yang lebih cepat dan hasil yang diperoleh bisa lebih banyak," katanya.

"Diharapkan kedepannya apa yang dilakukan ini akan memberikan dampak yang lebih besar lagi sehingga desa lainnya bisa mengikuti jejak Desa Perlis Kecamatan Brandan Barat ini, " sambungnya.

Camat Brandan Barat Harmaen secara terpisah mengaturkan terima kasih atas inisiatif yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup ini, sehingga nantinya produksi paking blok, closet dari plastik yang bisa di produksi semakin banyak lagi.

Pada kesempatan itu juga hadir Kabid Pengolahan Sampah dan Limbah B3 Tengku Reza Aditya, Kepala Desa Perlis Junaidi Salim.

Seperti diketahui Desa Perlis Kecamatan Brandan Barat telah membuat satu terobosan atau inovasi pembuatan paking block dan klosed dari sampah plastik.

Pemerintah Kabupaten Langkat sangat bangga, terlebih lebih Dinas Lingkungan Hidup pimpinan Iskandar Zulkarnaen dalam pemanfaatan sampah plastik termasuk salah satu program instansinya tentang proklim, adaptasi dan mitigasinya dan program kedepan Desa Perlis akan bebas dari sampah plastik.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020