Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M. Pasaribu melantik Badan Permusyawaratan Desa (BPD) secara massal di Gedung Serbaguna komplek kantor Bupati setempat, Kamis (18/7).

Menurut Bupati, BPD yang dilantik sebanyak 814 orang ini baru kali pertama dalam sejarah Tapanuli Selatan dan mungkin di Sumatera Utara.

"Ini atas kepatuhan saya terhadap regulasi perundang-undangan yang berlaku sesuai dasar Peraturan Mendagri Nomor 110 tahun 2016," katanya.

Dalam arahannya Syahrul mengajak kepada seluruh BPD selaku mitra para kepala desa untuk tidak bosan belajar dan belajar tugas pokok dan fungsinya sesuai aturan yang ada.

Baca juga: PKK Tapanuli Selatan imbau wanita waspadai Kanker Serviks

Baca juga: Babinsa Koramil 03/SPR berikan "Wasbang" dan bela negara kepada siswa

Baca juga: Pengurus PKK Kecamatan Angkola Selatan dikukuhkan

"Saya tidak ingin mendengar adanya perselisihan hubungan antara BPD dengan kepala desa," tegasnya sembari menekankan BPD dan kepala desa harus sinergi, berkolaborasi merancang, mengawasi demi kemajuan pembangunan.

Pengurus/anggota BPD berasal dari 116 dari 212 jumlah desa di 14 dari 15 jumlah Kecamatan se Tapanuli Selatan ini  merupakan  refresentasi kelompok-kelompok masyarakat baik dari tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan kelompok perempuan.

"Sebagai refresentasi masyarakat saya harap BPD dalam tugasnya sesuaikan dengan sumpah yang telah diucapkan dan disaksikan Tuhan Yang Maha Esa tadi," katanya.

Pelantikan BPD ini juga disaksikan Sekda Tapsel Parulian Nasution, Kadis PMD M.Yusuf, Camat se-Tapsel, Sekretaris KNPI Tapsel Dolly Putra Parlindungan Pasaribu, Kabag Humas/Protokol Isnut Siregar, dan undangan lainnya.
 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019