Babinsa Koramil 03/SPR (Sipirok) Kodim 0212/TS (Tapanuli Selatan) memberikan materi wawasan kebangsaan (Wasbang) dan bela negara kepada siswa baru tingkat SMA di tiga lokasi sekolah berbeda, di Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, Rabu (17/7).

Pemateri di SMAN 1 Sipirok Danramil 03/SPR Kapten Inf Triswanto bersama Pelda Agustiar, di SMAN 2 Plus Sipirok, Serda Budiman, SMKN 1 Sipirok, Serma Asren Gea dan Sertu Nyono Purnomo.

Kepada Antara, Rabu sore, Danramil 03/SPR Kapten Inf Triswanto, mengatakan kegiatan tersebut merupakan tugas mereka (TNI) untuk memberikan pemahaman soal "wasbang" dan bela negara di wilayah teritorialnya.

Termasuk urgensi empat pilar kebangsaan meliputi yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka tunggal ika.

"Tujuannya agar siswa/siswi dapat memahami dan mendalami arti dan makna serta nilai nilai sesungguhnya Pancasila dan UUD 1945," katanya.

Hal ini juga, lanjutnya upaya menumbuhkembangkan kecintaan anak-anak bangsa terhadap tanah air serta rela berkorban bagi bangsa dan negara dan menjadikan Pancasila sebagai ideologi negara.

"Kita juga menekankan siswa/siswi selaku pemegang estafet kepemimpinan bangsa kedepan agar tetap konsisten serta memiliki mental dan karakter yang baik," katanya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019