Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Tapanuli Selatan mengimbau agar para wanita daerah ini tetap mewaspadai kanker serviks karena cukup berbahaya.

"Soalnya, kanker serviks merupakan pembunuh utama kaum perempuan," kata Ketua TP PKK Kabupaten Tapanuli Selatan Syaufia Lina Syahrul.

Imbauan tersebut disampaikan Syaufia saat membuka acara gebyar tes IVA (inspeksi visual asam asetat) di halaman Kantor Camat Kecamatan Angkola Selatan, daerah setempat, Rabu (17/7).

"Karenanya, perempuan selaku penopang pembangunan nasional diharap peka menjaga kesehatannya terutama deteksi dini kanker rahim tersebut," ajaknya.

Syaufia juga mengucapkan keterlibatan pihak kecamatan, tim dinas kesehatan di pimpin dr Khairunnisa, puskesmas, PT ANJ, dan paramedis terlibat dalam kegiatan tes IVA ini.

"Membangkan semua pihak yang terlibat tersebut juga pro aktif menyosialisasikan pentingnya mengikuti  tes IVA ke masyarakat di Angkola Selatan," tambahnya.

PKK Tapanuli Selatan berharap dengan gebyar tes IVA ini mudah-mudahan kalangan ibu-ibu (perempuan) daerah ini mengetahui sejauh mana pentingnya menjaga kesehatan diri serta terhindar dari kanker serviks.

Syaufia juga mengapresiasi seluruh perempuan yang bersedia mengikuti tes IVA tersebut, dan mengucapkan terimakasih kepada para suaminya masing-masing karena telah mengijinkannya melakukan pemeriksaan terhadap mulut rahim isterinya.

Sementara Kadis Keehatan Tapanuli Selatan dr. Sri Khairunnisa menjelaskan bahwa pemeriksaan dan kesehatan mulut rahim penting agar jangan sampai stadium lanjut baru dilakukan pengobatan.

"Lebih baik diperiksa sejak dini (awal) agar kita (perempuan) mengetahui kesehatan mulut rahimnya, jangan sampai diketahui baru parah baru sibuk untuk mau di obati," anjurnya.

Baca juga: Babinsa Koramil 03/SPR berikan "Wasbang" dan bela negara kepada siswa

Baca juga: Pengurus PKK Kecamatan Angkola Selatan dikukuhkan

Baca juga: Aksi nekat Bupati Tapsel panjat tower reservoir belasan meter

Camat  Kecamatan Angkola Selatan, Dody Kurniawan,  mengucapkan terimakasih kepada seluruh kader PKK Desa/Keluarhan serta masyarakat yang telah berpartisipasi melakukan pemeriksaan IVA test ini.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019