Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto mengatakan, kenaikan pangkat harus diikuti dengan peningkatan kinerja yang lebih baik dari sebelumnya.

"Jangan sampai yang menerima 'reward' kenaikan pangkat saat ini, ke depan justru menunjukkan kinerja dan tanggung jawab yang menurun dari sebelumnya," kata Agus, dalam amanatnya pada upacara Korps Raport Kenaikan Pangkat Perwira, Bintara dan ASN Polda Sumut, di Mapolda, Selasa.

Khusus kepada Aparatur Sipil Negara (ASN), menurut dia, yang telah dinaikkan pangkat dan golongannya, harus mampu menunjukkan kualitas dalam membantu tugas-tugas Polri baik di bidang struktural maupun fungsional.

"Saya atas nama pribadi dan pimpinan di Polda Sumut, serta Ketua Bhayangkari Daerah Sumut mengucapkan selamat atas kenaikan pangkat kepada personel Pamen, Pama, Bintara dan ASN Polda Sumut TMT 1 Juli 2019," ujar Agus.

Ia menyebutkan, semoga anugerah dan penghargaan atas pengabdian yang dilakukan membawa kebahagiaan dan semangat baru, bagi personel, keluarga maupun institusi.

"Selain itu, menjadi motivasi untuk menjadi polri yang profesional, modern dan terpercaya, guna meningkatkan kepercayaan publik terhadap kinerja polri dalam memberikan pelayanan prima, pengayoman, penegakan hukum, dan perlindungan seluruh masyarakat Sumatera Utara (Sumut)," ucap jenderal bintang dua itu.

Kapolda juga menyampaikan beberapa penekanan yang dapat dipedomani dalam pelaksanaan tugas, yakni tingkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sebagai landasan spritual dalam setiap pelaksanaan tugas.

Selalu bersyukur dalam situasi apapun, dan berupaya untuk selalu bersikap rendah hati dan tidak arogan dalam pelaksanaan tugas.

Bekerjalah dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, dengan niat yang tulus dan hati yang bersih untuk memberikan perlindungan, pengayoman, serta pelayanan kepada masyarakat.

Tingkatkan profesionalitas khususnya dalam bidang sains dan teknologi, fahami perkembangan zaman, serta memanfaatkan penggunaan media sosial untuk meningkatkan kepercayaan polri di mata masyarakat.

"Bina soliditas dan sinergitas TNI-Polri, juga terhadap pemangku kepentingan terkait lainnya dalam pelaksanaan tugas demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," katanya.

Pada upacara korps raport kenaikan pangkat tersebut, terdapat 1.551 personel polri dan ASN Polda Sumut dan jajaran yang mendapat kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi terdiri dari 90 perwira, 1.086 bintara dan 375 ASN.

Dengan rincian Kombes 2 orang, AKBP 19 orang (4 kenaikan pangkat reguler, dan 15 orang KNP abdi), Kompol 28 orang (18 KNP reguler, dan 10 KNP abdi), AKP 7 orang, Iptu 9 orang, Ipda 25 orang,Aiptu 18 orang (16 KNP reguler dan 2 KNP abdi), Aipda 193 orang, Bripka 766 orang, Brigpol 23 orang dan Briptu 86 orang.
Dalam acara itu, hadir Waka Polda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, Irwasda Polda Sumut, para pejabat utama Polda Sumut, dan Ketua Bhayangkari Daerah Sumut.

Baca juga: 42 personel Polres Langkat naik pangkat

Baca juga: HUT Bhayangkara, Polres Tanjungbalai gelar olahraga bersama

Baca juga: HUT Bhayangkara, Polres Tapsel sumbangkan puluhan kantong darah

Baca juga: Kapolrestabes Medan: kenaikan pangkat bukan hak

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019