Panyabungan (Antaranews Sumut) - Penyakit kulit aneh yang diderita kakak Muhammad Haikal Nasution (7 tahun) dan adiknya Habibah Zakira Nasution (1 tahun) di Desa Rao-rao Panjaringan Kecamatan Tambangan Kabupaten Mandailing Natal diakibatkan oleh virus Toxoplasma. 

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mandailing Natal, Dr. Syarifuddin Nasution kepada wartawan, Kamis (10/1).

Ia menyebutkan, dari pengakuan pihak keluarga kepada tim Dinas Kesehatan ketika melakukan peninjauan ke rumah kedua anak itu pihak keluarga sebelumnya sudah pernah membawanya berobat  ke RSU Panyabungan, rumah sakit Pringadi Medan dan juga telah pernah di periksa oleh profesor  di rumah sakit itu. 

"Dari hasil pemeriksaan profesor dirumah sakit Medan penyebab penyakit yang di derita kedua anak itu disebabkan oleh kucing dan bawaan lahir," ujarnya. 

Dia menjelaskan untuk pengobatan kedua anak itu di Mandailing Natal sudah tidak memungkinkan lagi dan harus  di rujuk ke rumah sakit yang ada di Medan karena pengobatannya yang sulit dan butuh waktu lama. 

"Pengobatannya memang butuh waktu, karena virus Toxoplasma ini sangat sulit di obati,"ujarnya Kadis. 

Meskipun begitu pihak Dinas Kesehatan Mandailing Natal akan terus berupaya untuk memberikan pengobatan kepada dua anak itu.  

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019