Gunungsitoli, 4/3 (Antarasumut) -Badan Narkotika Nasional Kota Gunungsitoli melakukan tes urine terhadap sejumlah personil Kodim 0213/Nias, Jumat. 

Tes urine diawasi langsung Kepala BNNK Gunungsitoli AKBP.Faduhusi Zendrato, SH, MH bersama Dandim 0213/Nias Letkol.Inf.Luhut B Sidabariba di Makodim 0213/Nias yang terletak di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Pasar, Kota Gunungsitoli.

Dandim 0213/Nias Letkol.Inf.Luhut B Sidabariba yang ditemui usai pelaksanaan tes urine memberitahu, tes urine dilakukan untuk pemberantasan dan pembersihan narkoba ditubuh TNI.

"“Dalam kehidupan kita prajurit, TNI melaksanakan kegiatan berdasarkan perintah. Mungkin bapak sudah tahu jika ada perintah panglima TNI yang disebarkan melalui media, supaya semua satuan memberantas habis narkoba, terutama disatuan masing masing. Sekarang semua satuan TNI sedang melaksanakan pembersihan, dan salah satu caranya adalah melakukan tes urine,” tutur Dandim 0213/Nias.

Jumlah personil Kodim 0213/Nias yang mengikuti tes urine menurut Dandim hanya berjumlah 20 personil. Terbatasnya jumlah personil yang ikut tes urine, karena BNNK Gunungsitoli kekurangan alat tes urine.

“Kita tadi berharap semua personil Kodim 0213/Nias melakukan tes urine, tetapi BNNK Gunungsitoli kekurangan alat, sehingga hanya 20 personil yang dites urinenya. Kita akan terus melakukan tes urine terhadap personil ke depan, karena kita ingin membersihkan narkoba ditubuh TNI,” ujarnya.

Dari 20 personil yang ikut tes urine, terindikasi positif sesuai laporan Kepala BNNK Gunungsitoli ada 5 personil. Personil yang terindikasi akan diproses dengan dilakukan pemeriksaan, kemudian dilimpahkan ke POM untuk dilimpahkan ke auditor militer supaya diadili di Pengadilan Militer.

Dandim 0213/Nias juga mengimbau seluruh personil Kodim 0213/Nias untuk tidak memakai atau mengedarkan narkoba sesuai perintah pimpinan, karena tidak ada yang kebal hukum. 

Dia akan terus mendukung kegiatan BNN sesuai perintah dari atas, baik itu kegiatan pemberantasan narkoba yang dilakukan Polres Nias maupun BNNK Gunungsitoli.

Sebelum pelaksanaan tes urine, Kepala BNNK Gunungsitoli AKBP.Faduhusi Zendrato, SH, MH telah memaparkan kepada personil Kodim 0213/Nias yang ikut tes urine, bahwa kegiatan tes urine bukan untuk mempermalu personil Kodim 0213/Nias.
Namun, tes urine dilakukan untuk memberantas narkoba. Menurut dia,  saat ini pihak asing ingin menghancurkan Indonesia melalui narkoba, karena menggunakan teroris sudah tidak mempan.

Pewarta: Irwanto Hulu

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016