Tebing Tinggi,15/12 (Antarasumut) - Puluhan ribu Warga Kota Tebing Tinggi bergabung dengan TNI AD Kodam-I/BB merayakan peringatan puncak Hari Juang Kartika 2015 dan Hari bersejarah 13 Desember Tebing Tinggi dilapangan Merdeka Tebing Tingg,i Selasa (15/12).

Sebelum upacara puncak dilapangan Merdeka, Pangdam I/BB selaku inspektur upacara bersama dengan Walikota Tebing Tinggi Ir.H.Umar Zunaidi Hasibuan.MM bersama dengan para pimpinan TNI/Polri dan Unsur FKPD Sumut dan Provsu terlebih dahulu melakukan ziarah Kemakam Pahlawan dan kepemakaman para pejuang 13 Desember 1045 Titi Gantung Jl.Bulian Tebing Tinggi.

Dilapangan Merdeka Mayjen.TNI Lodewijk Pusung, sebagai inspektur upacara, dalam mengawali amanatnya dengan mengajak segenap ribuan warga memberikan aplus berulang kali untuk Walikota Tebing Tinggi Saya bersama dengan semua parjurit Kodam-I/BB hadir ditempat ini memenuhi undangan Walikota Tebing Tinggi,ujarnya.

Dalam amanatnya Pangdam-I/BB menyampaikan pesan-pesan almarhum Panglima Besar Jendral Sudirman yang disampaikan KSAD Jendral TNI Mulyono,diantaranya robek-robeklah badanku, potong-potonglah jasadku, Tetapi Jiwaku yang dilindungi benteng Merah Putih akan tetap hidup,

tetap menuntut bela, siapapun lawan yang dihadapi.Tentara bukan merupakan suatu kalangan diluar masyarakat, bukan suatu kasta yang berdiri diatas masyarakat.

Tentara hanya mempunyai kewajiban satu ialah mempertahankan kedaulatan negara dan menjaga keselamatannya, sudah cukup kalau tentara takut memegang kewajibannya itu.

Lagi pula sebagai tentara, disiplin harus dipegang teguh tunduk kepada pimpinan atasannya, dengan iklas mengerjakan kewajibannya tunduk kepada perintah pimpinannya. Inilah merupakan kekuatan dari suatu tentara.

Kamu sekalian telah bersumpah bersama-sama rakyat seluruhnya, akan mempertahankan kedaulatan negara republik kita dengan segenap harta benda dengan jiwa raga, jangan sekali-kali diantara tentara kita, ada yang menyalahi janji menjadi penghianat nusa, bangsa, dan agama.  

Harus kamu senantiasa ingat, bahwa tiap-tiap perjuangan tentu memakan korban tetapi kamu sekalian telah bersumpah, ikhlas mati sebagai kusuma bangsa. Meskipun kamu dapat dilatih jasmani yang sehebat-hebatnya, tidak akan berguna jika kamu mempunyai sifat menyerah, tentara akan timbul dan tenggelam bersa

Pada acara puncak HJK tersebut diwarnai dengan terjun payung oleh 14 penerjun dari TNI dan 4 diantaranya membawa bendera. TNI AD,Kodam I/BB, Kostrad dan Kota Tebing Tinggi Esa Hilang Dua Terbilang, para penerjun mendarat sempurna dilapangan Merdeka Tebing Tinggi.

Dilanjutkan dengan defile yang diikuti 2.014 personil TNI.AD dari berbagai batlyon diantaranya Batlyon Arhanudse 11/BS,Armed 2/BS,Infantri 100/Rider, Infantri 121/MK dan Infantri 122/TS.

Dalam defile tersebut paling mendapat sambutan meriah dari Pangdam-I/BB dan Walikota Tebing Tinggi di podium saat alutsista 
berupa kenderaan tempur Panser dan lainnya melintas podium karena bukan saja diisi oleh personil TNI tetapi juga mengangkut masyarakat Tebing Tinggi.

Hadir dalam acara puncak tersebut, Wakapoldasu,Kepala BNN, Kepala BINDA, para asisten Kodam I/BB dan Staf ahli Pangdam serta mewakili kajati, Ketua Pengadilan Tinggi, Ketua PMI Sumut dan Ketua MPC.Pemuda Pancaila Sumut, serta pejabat Militer dan Sipil dari Sumut dan beberapa Kota dan Kabupaten.

 

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Dhani Elison


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015