Bupati Deli Serdang, Sumatera Utara, Ashari Tambunan menyebutkan panen raya petani di daerah itu turut menambah cadangan beras nasional di tengah dampak fenomena El Nino yang melanda Indonesia.

"Kami memberikan apresiasi kepada petani karena berkat tangan dingin mereka Deli Serdang mendapat predikat sebagai salah satu kabupaten penopang stok pangan nasional," kata Ashari Tambunan di Lubuk Pakam, Minggu.

Hal itu ia sampaikan terkait panen raya padi di lahan pertanian seluas 612 hektare di Dusun 10 Desa Wonosari Kecamatan Tanjung Morawa.

Ia mengatakan dalam beberapa kesempatan Presiden Joko Widodo selalu menyampaikan pesan bahwa semua pihak harus memberikan perhatian pada pertanian .

Dalam dua bulan ke depan, Oktober dan November, adalah bulan yang kritis karena ada fenomena alam yang disebut El Nino. Atas dasar itu pula, diminta kepada daerah termasuk Deli Serdang untuk meningkatkan produksi pangan.
 

Presiden dalam berbagai kesempatan juga menyampaikan persoalan paling pokok bagi dunia, bukan industri, bukan digitalisasi, bukan teknologi informatika. Tapi persoalan paling pokok adalah masalah pangan.

Untuk itu, kata dia, harus diberikan apresiasi kepada para petani karena terus berkomitmen mengupayakan Deli Serdang menjadi daerah penyumbang pangan yang bisa diandalkan bagi seluruh Indonesia.

Ia berharap para petani di Deli Serdang, dapat diberikan bantuan dan dukungan, sehingga proses penyediaan pangan bukan hanya bagi masyarakat Deli Serdang, Sumatera Utara, tapi bahkan masyarakat Indonesia dan dunia bisa dipenuhi oleh petani di Deli Serdang ini.

"Kita pernah menjadi daerah yang berswasembada, mari terus kita pertahankan," katanya.

Menjawab pertanyaan soal lahan pertanian yang sudah beralih fungsi menjadi industri, Bupati mengakui hal itu memang terjadi, namun letaknya di daerah yang berbatasan dengan kota-kota besar.

"Secara jujur, saya harus mengakui bagi masyarakat Deli Serdang upaya untuk mempertahankan lahan pertanian itu terus dilakukan, sehingga kami masih bisa tetap mempertahankan luasan lahan yang cukup. Seperti ketahui, Deli Serdang sudah lama menjadi daerah swasembada pangan, bahkan sekarang tidak hanya sekadar berswasembada, tapi bahkan menjadi penyumbang pangan bagi masyarakat di luar kabupaten dan provinsi," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023