Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly P.Pasaribu berharap aktor petani milenial mampu mendorong kemajuan pertanian khususnya di kabupaten tersebut.

Harapan itu sampaikan Bupati Tapsel ketika hadir sekaligus sambutan di acara Launching Seleksi 30 besar Penemuan dan Penumbuhan Petani Aktor Milenial Tahun 2023 Kabupaten Tapanuli Selatan, Senin (21/8) di Aula Mega Permata Padangsidimpuan.

Menurut Bupati, program PPM PT Agincourt Resources dan Dinas Pertanian Tapsel bekerjasama dengan Balai Pelatihan Pertanian Jambi ini cukup positif mengingat sekitar 70 persen masyarakat Tapsel bergantung pertanian.

"Karenanya bagi 15 aktor petani milenial terpilih nantinya, bisa menjadi motor penggerak bagi regenerasi petani Tapsel ke depan (industri pertanian). Termasuk bagi aktor petani milenial yang belum terpilih," harapnya.

Bupati menyinggung pertemuannya dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo beberapa waktu lalu di Jakarta membicarakan pentingnya memajukan sektor pertanian untuk menjaga ketahanan pangan nasional.

"Program ini sangat baik. Apalagi  baru kali pertama di Sumatera Utara. Kiranya ke depan lebih banyak lagi lahir regenerasi muda petani Tapsel yang maju dan mandiri," harap Bupati lagi.

Bupati juga me apresiasi dan beterima kasih kepada Bapeltan Jambi/ UPT BPPSDMP, PT AR, pengelola Tambang Emas Batang Toru dan pihak terkait sehingga audisi petani aktor milenial se Tapsel berjalan lancar.

Sementara Senior Manager Community PT AR Christine Pepah, mengatakan keinginan pihaknya melahirkan aktor petani milenial di wilayah kerja nya dalam rangka membantu program pemerintah guna mendorong kemajuan kesejahteraan masyarakat petani di Tapsel.

"Fokus aktor petani milenial ini nantinya memajukan pertanian hortikultura. Selain membantu program pemerintah bidang ketahanan pangan juga meminimalisir peningkatan inflasi di daerah ini khususnya," harap Chtistine.

Kadis Pertanian Tapsel Bismark Muaratua Siregar disela acara, mengatakan Launching Seleksi 30 besar penemuan dan penumbuhan petani aktor milenial 2023 se Tapsel ini berlangsung mulai 21 hingga 23 Agustus 2023.

"Launching program ini pada 15 Juni 2023. Semula ada 63 peserta petani aktor milenial se Tapsel yang mendaftar baik via online maupun offline melalui BPP  Pertanian Tapsel. Akhirnya tersisa 30 orang peserta setelah melewati proses tahapan. Dan yang akan di pilih sebanyak 15 orang peserta," ringkas Bismark.

 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023