Sebanyak 1.844 siswa dinyatakan lulus jalur seleksi mandiri (SM) di Universitas Negeri Medan (Unimed) tahun 2023 yang tersebar di 55 program studi S1 dan D3.

Adapun jumlah pendaftar SM Unimed Tahun 2023 yang ikut ujian UTBK sebanyak 5.012 peserta. Ada lima prodi favorit di Unimed jalur SM 2023 yang peminatnya tertinggi, yakni PGSD sebanyak 606 peminat, Manajemen sebanyak 432 peminat, Ilmu Komputer sebanyak 283 peminat, Akuntansi sebanyak 250 peminat, dan Teknik Sipil sebanyak 232 peminat.

"Kami mengucapkan selamat kepada orang tua/wali yang anaknya telah dinyatakan lulus pada jalur SM Unimed tahun 2023," kata Rektor Unimed Prof Dr Syamsul Gultom, SKM, MKes, dalam keterangan yang diterima, Sabtu.

Syamsul menyebutkan SM ini merupakan jalur terakhir untuk diterima di Unimed.

"Anak bapak/ibu yang telah dinyatakan lulus merupakan hasil tes murni dari UTBK yang telah diperiksa secara objektif. Begitu juga dengan portofolio yang telah diupload di sistem, semua telah diperiksa secara mendetail oleh para dosen-dosen yang ahli di bidangnya sehingga para calon mahasiswa yang berhasil lulus di Unimed ini nantinya dapat memperoleh prestasi di kampus baik nasional maupun internasional," ucapnya.

Ia berharap calon mahasiswa baru yang telah dinyatakan lulus segera melalukan pendaftaran ulang. Seluruh tahapan dan berkas yang diperlukan untuk pendaftaran ulang dapat di lihat di website https://www.unimed.ac.id.

PraPendaftaran Mahasiswa Baru dilakukan secara online pada 21 sampai 30 Juli 2023 melalui laman http://bak.unimed.ac.id/registrasi. Besaran UKT akan diumumkan paling cepat pada 3 Agustus 2023 dan pembayarannya sampai 20 Agustus 2023.

Rektor menambahkan bahwa pembelajaran akan dimulai pada 21 Agustus 2023. "Sekali lagi kami pimpinan Unimed mengucapkan selamat bergabung di kampus hijau ini. Semoga sukses dalam melaksanakan studi di Unimed, dapat selesai tepat waktu dan ketika lulus nanti memperoleh karir yang didambakan dan dibanggakan," kata Syamsul.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023