Sebelum dilepas menuju asrama haji Medan oleh Wali Kota Tanjung Balai, sebanyak 199 orang calon haji (haji) asal daerah setempat yang akan berangkat ke tanah suci pada musim haji tahun ini diupah-upah.

Upah-upah atau tepung tawar kepada para dhuyufurrahman (tamu-tamu Allah) tersebut berlangsung di pendopo rumah dinas Wali Kota, Kamis (25/5).

Dalam sambutannya Wali Kota Tanjung Balai H. Waris Thalib  mendoakan para calon haji agar senantiasa diberikan Allah SWT kekuatan dan kesehatan, fokus ibadah dan ikhlas melaksanakan syarat, rukun dan ketentuan haji.

Para calhaj juga diminta mendoakan para pemimpin negeri, khususnya Kota Tanjung agar tetap sehat dan mampu membawa  kebaikan daerah kedepannya.
 
"Atas nama pemerintah dan masyarakat, kami mendoakan bapak dan ibu selamat pergi dan pulang, mampu melaksanakan ibadah dengan sempurna dan menjadi haji mabrur. Doakan juga Kota Tanjung Balai menjadi kota beriman, kota santri dan satu rumah satu penghafal Alquran," kata Waris.

Berdasarkan laporan dari Kementerian Agama Kota Tanjung Balai, calon haji yang berangkat tahun ini sebanyak 119 orang dan didampingi 3 orang petugas.

Para calhaj akan diberangkatkan dari kota Tanjung Balai pada Sabtu (27/5) dini hari sekitar pukul 03.00 WIB menuju Asrama Haji di Kota Medan. Dan selanjutnya akan terbang dari bandara Kuala Namu Internasional Airport (KNIA), pada Minggu (28/7) dinihari.

Selain Wali Kota, turut hadir dan memberikan upah-upah kepada calhaj, yakni Ketua TP PKK Ny Fatiah Waris, Sekretaris Daerah Nurmalini Marpaung, para Asisten, Staf Ahli, Kepala Dinas, Kepala Badan, Kepala Bagian dan para Camat di jajaran Pemkot Tanjung Balai.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023