Polres Tapanuli Utara mendirikan tujuh pos guna mendukung Operasi Ketupat Toba 2023 di wilayah hukum Polres Taput, Sumatera Utara.

"Kita mendirikan tujuh pos, antara lain dua pos pelayanan di Pasar Siborongborong dan Air Panas Sipoholon," kata Kapolres Taput AKBP Johanson Sianturi, usai apel gelar pasukan Operasi Ketupat Toba 2023, di Terminal Madya Tarutung, Senin.

Johanson menyebutkan empat pos pengaman terletak di Kecamatan Pahae Jae, Kecamatan Adiankoting, Salib Kasih Siatas Barita dan Hutaginjang Muara.

"Sedangkan satu pos terpadu yang terletak di Bandara Internasional Sisingamangaraja XII Silangit, Kecamatan Siborongborong, Kabupaten Taput," ucapnya.

Ia mengatakan apel gelar pasukan yang dilaksanakan hari ini dalam rangka Operasi Ketupat Toba 2023 yang dilaksanakan secara serentak di Indonesia.

Hal ini bertujuan untuk memberikan pengamanan dan pelayanan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H, dimana pemerintah telah menetapkan Libur Nasional pada tanggal 19 - 25 April 2023.

"Untuk mengisi ke tujuh pos tersebut, jumlah personel yang disiapkan sebanyak 218 terdiri atas 126 personel Polri, dua personel Denpom, 24 personel TNI, 22 personel Satpol PP,  22 personel Dinas Perhubungan, 14 personel Dinas Kesehatan, empat  personel Kementerian Perhubungan dan empat personel dari Angkasa Pura Bandara Silangit," katanya.

Johanson menjelaskan seluruh pos di tempati masing-masing personel yang sudah diatur selama 24 jam dengan bergantian. Artinya, pos selalu terisi siang dan malam untuk melakukan pelayanan bagi pemudik.

"Kami mengimbau kepada warga yang mau mudik meninggalkan wilayah Taput agar menitipkan tempat tinggalnya kepada tetangga agar turut menjaga supaya terhindar dari niat-niat orang jahat," katanya.

Bagi warga yang berkunjung ke daerah Taput serta yang melintas dari wilayah Taput, semoga selamat sampai tujuan. "Kalau ada yang membutuhkan bantuan petugas, segera laporkan di pos terdekat kita sudah siap melakukan pelayanan selama 24 jam," katanya.

Kapolres menambahkan bagi pengemudi kendaraan roda dua dan roda empat, kalau capek dan ngantuk jangan memaksakan diri, utamakan keselamatan dan istirahat di pos yang disiapkan.

Polres Tapanuli Utara melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka persiapan pengamanan Idul Fitri 1444 H, di Terminal Madya Tarutung.
 

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023