PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bukit Barisan menyerahkan bantuan berupa dua unit traktor listrik untuk petani melalui Dinas Pertanian Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

"Harapannya adalah tidak hanya mobil atau motor listrik, tetapi juga traktor listrik mulai digunakan oleh masyarakat khususnya di Kabupaten Karo," kata Manajer PLN UP3 Bukit Barisan Grahaita Gumelar dalam keterangan tertulis, Jumat.

Gumelar menyebutkan, traktor listrik ini yang pertama di Sumatera Utara dan bahkan di Sumatera.

"Kalau di Jawa yang aksesnya lebih dekat mungkin sudah ada. Tapi untuk Sumatera, kitalah yang pertama. Melalui Dinas Pertanian kami mohon dibantu mengevaluasi penggunaannya dan daya tahan traktor listrik ini sejauh mana. Kami siap menerima masukan untuk riset dan pengembangan lebih lanjut," ucapnya.

Sementara Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang mengatakan, guna mendukung program pemerintah dalam memasuki era kendaraan listrik dan penggunaan teknologi kendaraan listrik, Kabupaten Karo bersinergi dengan perusahaan listrik untuk menyosialisasikan "electrifying lifestyle".

Hal ini dilaksanakan guna mewujudkan kemandirian dan ketahanan energi nasional serta membangun energi yang bersih di Kabupaten Karo.

"Electrifying lifestyle merupakan sebuah program yang mengajak masyarakat untuk mengaplikasikan gaya hidup baru dengan menggunakan peralatan serba elektrik yang bebas emisi dan ramah lingkungan seperti motor listrik, kompor listrik, dan sebagainya," ucap Cory.

Bupati menambahkan, dengan adanya kerja sama berupa inovasi dan kolaborasi pemerintah daerah bersama PT PLN UP3 Bukit Barisan, termasuk untuk penyediaan listrik yang handal dan penggunaan listrik di setiap sektor membawa dampak positif bagi kehidupan masyarakat.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022