Perum Jasa Tirta I (PJT I) sebagai BUMN pengelola Sumber Daya Air di wilayah Toba turut berperan mensukseskan gelaran Formula 1 Boat Race (F1 H2O) di perairan Danau Toba, Sumatera Utara pada Maret 2023. 

Dalam rilis, Senin (14/11), disebutkan, 
PJT I bersama dengan Pemerintah Kabupaten Toba dan sejumlah perusahaan lain terlibat dalam proses penyiapan lahan balap F1 di area perairan yang akan dilaksanakan di pantai sekitar Lapangan Sisingamangaraja, Kota Balige. 

Kejuaraan internasional dunia balap perahu motor tertinggi sampai saat ini digelar sebagai upaya untuk mengenalkan Danau Toba sebagai kawasan wisata bertaraf dunia. 

Mirip dengan balap mobil Formula Satu, perlombaan ini akan mengundang peserta dari puluhan negara, sehingga tentunya akan meningkatkan daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mengunjungi Danau Toba yang juga masuk ke dalam lima Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). 

PJT I mewujudkan salah satu tugas dan fungsi BUMN untuk turut hadir dalam mendukung pencapaian program nasional, di antaranya melalui penyiapan kegiatan F1 H2O yang saat ini dikoordinasikan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. 

Salah satu tahapan tersebut adalah relokasi bangunan warga yang berada di sekitar Lapangan Sisingamangaraja ke lokasi yang telah disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Toba. 

Dalam tahapan ini Jasa Tirta I turut berkontribusi berupa pembangunan rumah toko atau ruko bagi masyarakat terdampak 

Bantuan uang tunai untuk pembangunan ruko akan diserahkan secara bertahap pada triwulan IV tahun 2022 dan awal tahun 2023. 

Untuk bantuan tahap pertama, secara simbolis telah diserahkan oleh Kepala Sub Divisi Jasa ASA (DJA) V/2 PJT I, Mahendra Sitinjak kepada Pemkab Toba yang diwakili Sekretaris Daerah, Augus Sitorus dan Kepala Bagian Ekonomi Bapak Jeffry Maradona Nainggolan. 

Kepala DJA V Agung Nugroho menyampaikan, bantuan ini sebagai salah satu bentuk dukungan PJT I untuk kesuksesan rencana perlombaan bertaraf internasional yang diselenggarakan di area Danau Toba. 

Dikatakan, pihaknya berupaya agar bantuan ini nantinya dapat membawa manfaat bagi masyarakat, terutama untuk meningkatkan perekonomian warga sekitar Danau Toba. 

Diharapkan, suksesnya perlombaan F1 Boat Race dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, baik saat pelaksanaan hingga ke depannya. 

Direktur Operasional PJT I, Milfan Rantawi menegaskan, PJT I sangat mendukung program pemerintah, baik pusat maupun Pemerintah Kabupaten Toba dalam tahapan persiapan. 

Dikatakan, relokasi juga berguna untuk penataan Danau Toba agar menjadi lebih menarik sebagai kawasan wisata, disamping tujuan utamanya agar perlombaan internasional F1 H2O dapat segera terselenggara. 

Pembangunan 30 unit ruko, diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup warga terdampak, baik dari sisi ekonomi maupun kebersihan dan kelayakan konstruksi yang tentunya berpengaruh pada tingkat kesehatan penghuninya. 

Milfan juga menyampaikan, PJT I selalu mendukung kegiatan positif yang dilaksanakan untuk kelestarian Danau Toba. 

Dia juga berharap, kerjasama yang telah terjalin secara intens dengan Pemerintah Kabupaten Toba, dapat mendukung terwujudnya pengelolaan sumber daya air berkelanjutan untuk Danau Toba. 
 

Pewarta: Waristo

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022