Pemkab Pakpak Bharat, Sumatera Utara, mengapresiasi hadirnya peternakan domba dan rumah kompos binaan Kosgoro di Dusun Trutung Bulung, Desa Simberuna di Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe karena dinilai akan sangat membantu peningkatan perekonomian para petani.

Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor, di Salak, Senin, mengatakan, pihaknya mengapresiasi upaya Kosgoro1957 Pakpak Bharat dalam membantu pemerintah dalam mengedukasi masyarakat tentang cara bertani dan beternak.

Selama ini ia memandang kerja sama yang terjalin antara pemerintah dengan organisasi sayap Partai Golkar itu bisa terjalin dan sangat harmonis.

"Daerah kita hampir 95 persen penduduknya petani. Tentunya sangat membutuhkan banyak pupuk dan kompos dalam bertani. Kegiatan itu sangat sejalan dengan visi dan misi kami yakni mengembangkan sistem pertanian dan peternakan, kita dukung program Kosgoro 1957 ini," katanya.

Ketua PDK Kosgoro 1957 Kabupaten Pakpak Bharat, Elson Angkat, mengatakan, peternakan domba sangat cocok dikembangkan di Kabupaten Pakpak Bharat, mengingat potensi daerah yang subur dan luas, sangat bagus ditanami rumput dan pakan ternak. 

"Tanah kita subur dan luas, sangat cocok untuk mengembangkan peternakan, disamping itu petani kita juga butuh banyak pupuk organik dan kompos. Kegiatan ini merupakan bagian dari program kami untuk membantu masyarakat, target kita Pakpak Bharat harus mampu berswasembada daging dan juga swasembada pupuk organik," katanya.

Pemberian pelatihan terhadap petani diharapkan tidak hanya untuk membantu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani, lebih dari itu, diharapkan mempengaruhi sikap dan motivasi para petani dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat petani itu sendiri.

"Kami siap bermitra dengan masyarakat dalam usaha peternakan domba ini. Siapa saja yang ingin beternak domba cukup sediakan kandang dan pakan, kami yang akan memasok bibit ternak dombanya," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022