Sebanyak 116 unit mobil hias dari beberapa kecamatan ikut melaksanakan pawai takbir keliling menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah di Kota Medan Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara, Minggu malam sekitar pukul 22.00 WIB.

Pemantauan di lapangan Merdeka Medan, pelepasan mobil pawai takbir keliling itu dilaksanakan oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution yang diwakili Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman.

Pawai mobil hias pada takbir keliling tersebut mendapat sambutan yang cukup meriah bagi warga Kota Medan.

Peserta mobil hias itu, juga menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat dan mereka seluruhnya memakai masker.Dan tidak ada yang tidak memakai masker untuk menghindari penyebaran COVID-19.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, akan menggelar pawai takbir keliling Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah atau 2022 pada dua titik, yakni di Belawan dan Lapangan Merdeka.

Peserta pawai takbiran ini seluruh kecamatan dan kelurahan. Untuk di Belawan pesertanya dari enam wilayah kecamatan

Keenam wilayah kecamatan tersebut, lanjut dia, yakni Medan Belawan, Medan Labuhan, Medan Marelan, Medan Deli, Medan Timur dan Medan Helvetia.

Rute pawai takbiran di Belawan mulai dari Jalan Sumatera atau tepatnya eks Kantor Kejari Belawan dan berakhir di Tanah Enam Ratus, Medan Marelan.

Sedangkan di Lapangan Merdeka peserta berasal dari wilayah 15 kecamatan, di antaranya Medan Amplas, Medan Denai, Medan Tuntungan, Medan Johor, Medan Selayang dan Medan Kota.Untuk rutenya mulai dari Lapangan Merdeka dan berakhir di Stadion Teladan. Namun Wali Kota Medan Bobby Nasution dijadwalkan melepas pawai takbiran di Belawan.

Selain itu, Pemkot Medan akan melaksanakan Shalat Idul Fitri di Lapangan Merdeka dengan Imam H Jakfar Hasibuan dan Khatib Shalat Dr H Hasan Maksum.Sebanyak 10.376 personel Polda Sumatera Utara dikerahkan untuk melaksanakan pengamanan mudik lebaran dalam rangka Operasi Ketupat Toba 2022 yang dimulai 28 April hingga 9 Mei.

 

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022