Tim Anti Bandit atau Tekab Sat Reskrim Polres Labuhanbatu berhasil mengamankan YJS alias Gopal (19) pelaku perampasan barang berharga di jalanan atau jambret, yang di duga melakukan aksi kejahatannya sebanyak 15 kali di sekitar Kota Rantauprapat.

Pelaku yang merupakan seorang oknum mahasiswa itu diamankan di tempat persembunyiannya di Kecamatan Rantau Selatan, Rabu (3/3) malam, sekira pukul 01:00 WIB. 

Kasat Reskrim Polres Labuhanbatu AKP. Parikhesit di Rantauprapat, Jumat (5/3) pagi menjelaskan, pelaku merupakan target operasi spesialis jambret yang sangat meresahkan masyarakat.

Dalam laporan LP/424/II/2021/SPKT-LBH Pelapor atas nama Nurul Mawaddah Nasution, para pelaku mengincar korban wanita dengan membawa tas di tangan saat berkendara di jalan raya.

Baca juga: Polres Labuhanbatu luncurkan kampung tangguh

Berdasarkan kesaksian pelapor, Minggu 28 Pebruari 2021 sekira pukul 18.30 WIB, korban bersama rekannya melintas di jalan SM Raja mengendarai sepeda motor. 

Tiba di depan sekolah Nur Ibrahimy, Rantauprapat datang 2 orang pria tidak dikenal menghampiri menggunakan sepeda motor sejenis matik langsung merampas tas yang berisikan telepon seluler, kartu identitas dan surat penting lainnya. 

Korban yang terkejut langsung berteriak minta tolong, namun para pelaku berhasil kabur ke arah Selatan.

Setelah kejadian korban melaporkan ke Polres Labuhanbatu dan Tim Tekab Sat Reskrim langsung melakukan penyelidikan. Dalam penyelidikan, personel mengamankan barang bukti sepeda motor matik NMAX, telepon seluler dan tas berwarna biru.

"Karena Gopal berusaha melukai salah satu anggota Opsnal dengan menggunakan batu, anggota berikan tembakan peringatan ke udara sebanyak tiga kali, namun tidak di hiraukan, sehingga anggota terpaksa melakukan tindakan tegas dan terukur pada bagian kaki kiri tersangka," jelas Parikhesit.

Parikhesit mengimbau agar masyarakat tidak menggunakan barang berharga saat diperjalanan atau menyimpan barang ke dalam bagasi kendaraan untuk mengantisipasi kejahatan.

Pihaknya akan terus meningkatkan rasa aman dan nyaman dalam operasi Sikat Toba 2021 di wilayah hukum Polres Labuhanbatu.
 

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021