Tanjungbalai, Sumut, 1/12 (Antara) - Pemkot Tanjungbalai mengajak seluruh elemen masyarakat daerah itu terlibat menanam dan memelihara pohon untuk menyelamatkan bumi, serta menciptakan lingkungan nyaman dan asri.

Wali Kota Tanjungbalai Thamrin Munthe di Tanjungbalai, Selasa, mengatakan, upaya meyelamatkan bumi dari kerusakan adalah tanggung jawab bersama.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya telah mengeluarkan ajakan kuntuk menanam dan memelihara pohon demi hidup yang lebih baik.

"Maka kita keseluruhan hendaknya melakukan kampanye dan terlibat memanam pohon," katanya.

Selain mewujudkan lingkungan hidup yang sehat, bulan menanam pohon adalah upaya menumbuhkembangkan budaya cinta lingkungan di tengah-tengah masyarakat.

Karena gerakan menanam pohon merupakan suatu ibadah, di samping itu pohon yang ditanam juga mempunyai nilai ekonomis yang besar bagi ekosistem seperti oksigen, air, suhu, dan lain-lain yang nilainya jauh lebih besar.


Menurut Wali Kota, nilai ekonomis dan manfaat bagi ekosistem tersebut pada akhirnya dapat meningkatkan ketahanan bangsa dan kesejahteraan masyarakat.

"Kepada seluruh elemen masyarakat diharapkan menjaga dan melestarikan keanekaragaman hayati dan ekosistem sebagai aset tak ternilai yang perlu dijaga dan dilestarikan agar dapat meningkatkan kualitas lingkungan untuk kehidupan masa kini dan masa yang akan datang,," ujarnya.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Pemkot Tanjungbalai Haslina Dyas mengatakan, penanam ratusan pohon penghijauan dan produktif tersebut melibatkan organisasi pemuda dan kemasyaratakan serta Tim Penggerak PKK kecamatan.

Areal gedung serba guna dipilih sebagai lokasi penaman pohon bertujuan untuk menciptakan suasana asri dan sejuk, sehingga masyarakat merasa nyaman melakukan berbagai aktifitas di tempat itu. ***4***


Pewarta: Yan Aswika

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015