Medan, 2/5 (Antara) - Komisi Pemilihan Umum membuka penjaringan calon panitia seleksi yang bertugas menyeleksi dan memilih calon komisioner tingkat Provinsi Sumatera Utara periode 2013-2018.

"Kami masih melakukan penjaringan calon panitia seleksi (Pansel) sampai pertengahan Mei ini," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Pusat Husni Kamil Manik ketika dihubungi Antara di Medan, Kamis.

Menurut Husni, pihaknya sedang mencari tokoh-tokoh yang berintegritas untuk menjadi Pansel yang menguji dan menyeleksi calon anggota KPU Sumut.

Integritas tersebut dibutuhkan agar Pansel itu dapat memilih calon anggota KPU Sumut yang berkualitas dan mampu menyiapkan penyelenggaraan Pemilu dan pilkada yang semakin baik.
Untuk mendapatkan Pansel yang berintegritas tersebut, pihaknya tidak hanya membuka peluang bagi tokoh-tokoh di Sumut, melainkan tokoh nasional.

"Pemilu yang baik dapat diselenggarakan oleh komisioner KPU yang baik. Untuk mendapatkan komisioner yang baik itu, dibutuhkan Pansel yang berintegritas," katanya.

Selain integritas, KPU Pusat juga memberlakukan sejumlah persyaratan bagi calon Pansel sebagaimana ketentuan dalam UU Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilu.

Syarat-syarat itu adalah calon anggota pansel harus memiliki reputasi dan rekam jejak (track record) yang baik, serta memiliki kredibilitas.

Kemudian, calon anggota Pansel itu juga harus memahami permasalahan dan dinamika Pemilu serta memiliki kemampuan dalam melakukan rekrutmen dan seleksi.

Dengan syarat-syarat tersebut, diharapkan Pansel yang dibentuk nantinya diisi oleh tokoh-tokoh terbaik untuk menyeleksi calon anggota KPU Sumut yang terbaik. ***1***
(T.I023/B/I. Sulistyo/I. Sulistyo)

Pewarta: Irwan Arfa

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013