Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara menekankan, upaya pengembangan karakter dan prestasi siswa madrasah terus dilakukan sebagai bagian proses pembelajaran. 
 
"Siswa madrasah diharapkan mampu menanamkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, dan semangat belajar tinggi," ucap Ketua Tim Humas, Data dan Informasi Kanwil Kemenag Sumut Mulia Banurea, di Medan, Kamis (26/9).
 
Sehingga, lanjut dia, siswa madrasah harus memiliki kemampuan dan kesiapan untuk berkompetisi meraih prestasi pada level provinsi, nasional hingga internasional.

Pihaknya optimis pembelajaran madrasah mulai terlihat jelas prestasi tidak hanya fokus di bidang akademik saja, melainkan nonakademik, seperti olahraga, kesenian, keagamaan, teknologi dan sosial.

Tercatat prestasi membanggakan telah diraih seorang siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Medan Muhammad Jamik Ali Thoyib Batubara dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. 

Muhammad Jamik Ali Thoyib Batubara mewakili Provinsi Sumatera Utara meraih Medali Perak divisi standar nasional cabang olahraga panahan dalam PON XXI Aceh-Sumut 2024. 

"Ini merupakan pertemuan yang sangat penting guna menyampaikan prestasi siswa madrasah di Sumatera Utara," tutur Mulia dalam media gathering bertema 'Menggapai Prestasi Madrasah'.

Ketua Tim Kesiswaan Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sumut Nursyamsiah menyebutkan, prestasi peserta didik merupakan hal penting karena sering menjadi sorotan.

"Keberhasilan madrasah tidak hanya pada nilai akademik siswa, tetapi bagaimana madrasah dapat membentuk generasi memiliki keterampilan luas, berakhlak mulia, dan bersaing di era modern," tuturnya.    

Dengan strategi yang tepat dan dukungan dari berbagai pihak, lanjut dia, madrasah harus mampu menjadi institusi pendidikan yang unggul di segala aspek.

"Torehan prestasi madrasah di Sumut, yakni Madrasah Sehat, User Champion Emis 4.0, Kelulusan di SNMPTN, SPAN PTKIN, UTBK SNBT, dan Inisiator Muda Moderasi Beragama Tingkat Nasional dan Robotic," papar Nursyamsiah.
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024