Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Kotapinang Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara sukses budi daya ikan lele untuk pembinaan warga binaan pemasyarakatan. 

"Hari ini kami melaksanakan panen ikan lele sebanyak 51 kilogram dari kolam yang bertujuan untuk pembinaan kepada warga binaan," ujar 
 Kepala Lapas Kelas III Kotapinang Loviga Ferdinanta Sembiring di Kotapinang, Selasa. 

Ia mengatakan ternak ikan lele merupakan salah satu program pembinaan yang ada di Lapas Kelas III Kotapinang. Kolam budidaya ikan lele ini dibuat dengan memanfaatkan lahan yang berada di areal branggang, ada sekitar dua kolam ikan yang dibuat disana.

Budidaya ikan lele dibuat sebagai salah satu program pembinaan kemandirian warga binaan. Tak hanya ikan lele saja, nantinya akan ada juga ikan jenis lain seperti ikan nila yang dibudidayakan disini," jelasnya.

Lebih lanjut, Loviga mengatakan, hasil dari panen tersebut akan dijual melalui kantin Lapas Kelas III Kotapinang dan juga diolah untuk konsumsi warga binaan. Dan keuntungan dari hasil penjualan tersebut akan disetorkan dalam bentuk PNBP.

"Dipilihnya ikan lele untuk dibudidayakan ini karena mempunyai nilai jual yang sangat baik dan tergolong cepat dalam pembesarannya. Selain itu juga pemeliharaan tidak terlalu rumit. Kedepannya dengan keberhasilan ini, budidaya ikan lele akan kami tingkatkan lagi," tuturnya.

 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024