Badan Pengawas Pemilu Provinsi Sumatera Utara menggandeng mahasiswa dalam meningkatkan pengawasan partisipatif Pemilihan Kepala Daerah 2024 di wilayah ini melalui program 'Bawaslu Ngampus'.

Koordinator Divisi Hubungan Masyarakat, Data Informasi Bawaslu Sumut Saut Boangmanalu mengatakan bahwa 'Bawaslu Ngampus' merupakan program yang telah dirancang tahun ke tahun untuk meningkatkan kesadaran masyarakat termasuk mahasiswa dalam partisipatif pengawasan pesta demokrasi.

"Bawaslu Ngampus bisa mengefektifkan pengawasan, melalui pengawasan para mahasiswa yang kritis terhadap pesta demokrasi," ujar Saut Boangmanalu, di Medan, Selasa.

Menurutnya, pengawasan partisipatif masyarakat sangat diperlukan mengingat kesuksesan pesta demokrasi merupakan tanggungjawab bersama oleh seluruh elemen masyarakat.

Dalam hal itu, kata dia, tidak terlepas dari peran mahasiswa yang menjadi garda terdepan dalam menjaga keadilan pemilu, serta berperan aktif pada pemilihan serentak.

"Semakin banyak orang ikut mengawasi pemilihan, maka peluang pelanggaran pada pemilihan serentak akan mudah di minimalisir," kata dia.

Untuk itu, lanjut dia, melalui program 'Bawaslu Ngampus' dapat meningkatkan kesadaran serta pemahaman dalam menciptakan pesta demokrasi yang jujur, adil dan berintegritas bagi seluruh masyarakat.

"Bahwa program 'Bawaslu Ngampus' juga tidak sekedar dalam pengawasan saja. Kita akan memperkuat peran mahasiswa dalam kreatifitas yang kita lahirkan," sebut dia.

Dalam program 'Bawaslu Ngampus', dia melanjutkan pihaknya akan mendatangi sejumlah kampus yang ada di wilayah ini.

Selain itu, pihaknya juga meminta Bawaslu kabupaten/kota untuk melakukan hal yang sama demi mengoptimalkan program yang telah dirancang tersebut.

"Dari nasional kita diminta untuk menggelorakan itu, termasuk di seluruh kabupaten/kota di wilayah ini. Kita sudah minta jajaran untuk melakukan yang sama seperti yang kami lakukan," ujar dia.

Dia berharap dengan adanya program ini partisipatif pengawasan di Sumatera Utara semakin meningkat termasuk dari kalangan mahasiswa.

"Bawaslu Ngampus dapat menjadi modal besar bagi pemilihan serentak 2024, untuk menghasilkan pemilih yang berperan aktif mengawasi pemilihan serentak mendatang," ujar dia.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024