Kepala Kejaksaan Negeri Medan Muttaqin Harahap mengajak Forum Wartawan Hukum Sumatera Utara untuk mengawal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 berjalan dengan aman dan damai.

"Kami mengajak Forwakum untuk mengawal dan mengawasi serta menjaga kondusif Pilkada 2024, agar pesta demokrasi tersebut berjalan dengan lancar, tertib, sukses, aman, nyaman dan damai," ujar Muttaqin di Medan, Jumat. 

Menurutnya, peran wartawan sangat penting berpartisipasi dalam menciptakan pengawasan yang bertujuan untuk mengawasi tahapan Pilkada tersebut. 

Lebih lanjut, pihaknya memandang media juga dapat mendorong partisipasi aktif kepada masyarakat dalam mewujudkan keadilan pemilu. 

"Kami juga membuka ruang kepada 
 wartawan dan masyarakat jika menemukan adanya penyimpangan atau pelanggaran penyelenggaraan tahapan Pilkada untuk segera melaporkannya," ucap Muttaqin.

Pelaporan itu bisa melalui Posko 
Pemilu Kejari Medan atau Sentral Gakkumdu agar ditindaklanjuti sesuai tugas dan kewenangan.

Ketua Forwakum Sumut Aris Rinaldi Nasution mengatakan  tetap bersinergi dengan Kejari Medan terkait dalam pengawasan pesta demokrasi pada Pilkada 2024. 

Pihaknya tetap memberikan informasi apabila adanya ditemukan dugaan pelanggaran tindak pidana pemilu ke posko pemilu Kejari Medan. 

"Terkait pesan pak Kajari Medan, tentunya kita akan terus mengawasi pesta demokrasi ini. Dalam artian, khususnya wartawan yang bernaung di Forwakum Sumut tetap bersinergi dengan Kejari Medan selaku Sentra Gakkumdu, agar terciptanya  kondusif Pilkada tersebut," tuturnya. 
 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024