Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) se-Kota Padangsidimpuan pada Pilkada 2024 mengikuti pelantikan dan pengambilan sumpah di Padangsidimpuan, Selasa.

Dalam kesempatan itu, Pj Wali Kota Padangsidimpuan melalui Asisten I Pemerintahan Iswan Nagabe Lubis mengatakan bahwa Pengawas Desa dan Kelurahan memiliki peran strategis dalam pemerintahan karena memiliki tugas utama untuk memastikan seluruh program, kebijakan, dan kegiatan pemerintahan di tingkat kelurahan dan desa dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

"Pengawasan yang efektif akan mendorong transparansi, akuntabilitas, dan efisiensi dalam pemerintahan, serta menjamin kepentingan masyarakat yang selalu menjadi prioritas utama," kata Iswan.

Dia pun menjelaskan beberapa poin yaitu integritas, kompetensi, dan kolaborasi.

"Jalankanlah tugas sebaik-baiknya, dan teruslah berinovasi untuk meningkatkan kualitas layanan publik," tutur Iswan.

Sementara itu Ketua Bawaslu Kota Padangsidimpuan, Ratno Afandi Sihotang mengatakan bahwa Pengawas Kelurahan dan Desa adalah tonggak demokrasi. Yang artinya Pengawas Kelurahan dan Desa harus menjaga integritas, profesionalitas, dan kredibilitas untuk menghasilkan demokrasi yang bagus khususnya di Kota Padangsidimpuan.

"Ketika ini tidak bisa kita jalankan, maka yakinlah tonggak demokrasi ini tidak akan bisa berdiri tegak, dan akan meruntuhkan demokrasi ke depan," kata Ratno.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024