Pemadaman listrik yang terjadi di beberapa wilayah di Kota Tanjung Balai berdampak terhadap produksi air bersih Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kualo Tanjung Balai, pendistribusian ke pelanggan juga terganggu, Selasa (4/6). 

Hal itu diungkapkan Direktur PDAM Tirta Kualo, Yuhdi Gobel menyikapi keluhan pelanggan kepada pihaknya atas macetnya distribusi air ke sambungan rumah milik konsumen.

Menurut Yuhdi, untuk memproduksi dan mendistribusikan air ke pelanggan, pihaknya masih mengandalkan arus listrik PT (Persero) PLN. Jika terjadi pemadaman arus listrik, maka produksi dan pendistribusian air bersih mengalami gangguan.

"Sudah hampir empat jam kami tidak bisa beroperasi, penyebabnya karena pemadaman arus listrik oleh PLN," kata Yudhi Gobel melalui telepon selularnya.

Yuhdi menjelaskan, sesuai laporan Kepala sub produksi Arma Suheri, di WTP 1, 2 dan 3 listrik padam dari pukul 13.10 WIB sampai sekarang (16.10 WIB). Senada dilaporkan Kepala Unit Risnaldi, bahwa di WTP 4 dan 5 pemadaman listrik terjadi sudah 4 jam 30 menit. 

Baca juga: PDAM Tirta Kualo Tanjung Balai kembali raih Top BUMD Award 2024

Akibat pemadaman listrik yang menyebabkan distribusi air bersih ke pelanggan mengalami gangguan,  Yudhi menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi kepada pelanggan.

"Setelah aliran listrik kembali hidup, kami segera berupaya menormalkan distribusi air bersih secepat mungkin. Mohon ma'af atas ketidaknyamanan pelanggan," kata Yuhdi Gober.

Manager PLN ULP Tanjung Balai, Harry Marbun mengatakan pemadaman listrik di Tanjung Balai merupakan dampak dari gangguan Gardu Induk dan Transmisi SUTT 275 KV Linggau-Lahat. 

"Akibat gangguan gardu induk dan transmisi tersebut, beberapa daerah Sumut juga terdampak, termasuk sebagian wilayah di Kota Tanjung Balai. Pihak PLN sedang berupaya mengatasi gangguan tersebut," kata Harry Marbun melalui chat WhatsApp. 
 
Pemadaman listrik terjadi di beberapa wilayah  Kota Tanjung Balai diantaranya daerah Sijambi, Perumnas BTN, Datuk Bandar, H.M. Nur, Anwar Idris, Panca Karsa, Sei Dua, Sei Dua Hulu, Sei Selingsing, FL Tobing, Pajak Bahagia, S. Parman, dan sekitarnya.

Pemadaman juga terjadi di daerah Pasar Baru, Tasik Malaya, Sei Raja, Rusunawa, Perumahan PNS, dan sekitarnya.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024