H Fahrizal Efendi Nasution maju sebagai calon bupati Mandailing Natal (Madina) di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024.

Dia didaftarkan oleh Tim Sahabat Pasti di lima Partai Politik (Parpol) yakni, PKS, PKB, NasDem, PDI Perjuangan dan PPP, Jumat (3/5).

Adapun rombongan Tim Sahabat Pasti tersebut terdiri Dahlan Batubara selaku Sekretaris DPC Partai Hanura Madina, Wakil Ketua, Herman Nasution, Sutan Pulungan dan Ahmad.

Kemudian, Habil (Wakil Sekretaris), Sukri Iskandar Lubis (Bendahara) serta Saifuddin Lubis (pengamat politik Madina).

Dalam pendaftarannya di Partai Keadilan Sejahtera, rombongan diterima oleh Sekretaris DPD PKS Madina, Mahmudin dan fungsionaris lainnya.

Sedangkan, di Parpol DPC PDI Madina para rombongan diterima Bendahara DPC PDI Madina Sadrak Pasaribu dan Sri Marissa.

Di PKB sendiri, para rombongan Sahabat Pasti diterima Abdul Waris Ray (Direktur Desk Pilkada DPC PKB Madina), Ahmad Taufik (Bendahara Desk Pilkada) serta Fungsionaris lain.

Sementara di Partai Nasdem diterima Ade Ismail Ridwan (Ketua Penjaringan), Fahlewi Azmi (Sekteris Penjaringan), Soripada Oloan Lubis (Bendahara Penjaringan).

Selanjutnya, di PPP diterima M Rizky Agustianhar Pulungan (Ketua Panitia Penjaringan) Wakil Ketua DPC dan fungsionaris lain.

"Sementara Partai Hanura tentu sudah jelas, karena Fahrizal Efendi Nasution adalah Ketua DPC Hanura Madina. Sehingga dengan demikian Fahrizal mendaftar di enam parpol," ungkap Dahlan Batubara.

Sementara itu, Saifuddin Lubis menyatakan, bahwa Fahrizal Efendi Nasution memiliki kekuatan politik riil di Madina. Terutama basis di Dapil Madina 5 dan Dapil Madina 1.

Adapun gambaran politik tersebut terlihat dari perolehan suara partai di pemilihan umum 2024 yang lalu, yang mana Partai Hanura berhasil meraih sekitar 20 ribu suara. Ditambah posisi Fahrizal saat ini menjabat sebagai ketua DPC Hanura Madina.

"Selain itu Fahrizal adalah politisi senior. Selain pernah menjadi pimpinan DPRD Madina, beliau sudah dua priode menjabat anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara. Tentu tingkat pemikirannya sudah sekaliber gubernur," kata Saifuddin.

Selain itu, ketokohan Fahrizal terlihat dari latar belakang lainnya. Pernah menjabat komisioner KPU Madina. Ketua Gabungan Pengusaha Konstruksi Idonesia (Gapeksindo). Pengurus GP Ansor hingga pengurus NU di Madina.

"Dan, selaku praktisi hukum yang bergabung di LBH Nasional, beliau juga pernah menjabat Wakil Ketua Peradi Tapsel-Madina," papar Saifuddin.

"Tak kalah penting, Fahrizal juga memiliki dukungan dari berbagai elemen masyarakat, termasuk dari tokoh adat dimana Fahrizal adalah bagian dari "Bagas Godang" dengan gelar Sutan Kumala Bongsu Lenggang Alam," imbuhnya.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024