Universitas Sumatera Utara (USU) mendampingi Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra), dalam melaksanakan revitalisasi menuju Perguruan Tinggi Negeri-Badan Layanan Umum (PTN-BLU).

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Kealumnian USU Edy Ikhsan di Medan, Sumatera Utara (Sumut), Jumat, mengatakan pendampingan telah berjalan sejak terlaksananya penandatanganan kerja sama antara Rektor USU dan Rektor USN Kolaka bulan Januari 2024.

Semua aspek penguatan dari PTN-Satker (Satuan Kerja) menuju PTN-BLU difasilitasi oleh USU, sehingga diharapkan adanya peningkatan terhadap USN Kolaka nantinya.

"Berbagai hal penting telah kami bahas bersama, seperti mengenai tata kelola, keuangan, kebijakan sampai dengan pendidikan, pembelajaran, Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dan penjaminan mutu," katanya.

Ia berharap transisi dari PTN-Satker menjadi PTN-BLU bukan hanya sebagai tanda pengakuan, namun juga menjadi langkah terciptanya sistem pendidikan tinggi yang inklusif, responsif, dan berkelanjutan.

Selain itu, lanjutnya, meningkatkan kemandirian dalam mengelola sumber daya, mengembangkan potensi, serta membuka peluang yang lebih luas untuk inovasi, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

"Mari kita sama-sama mendukung UNS Kolaka menjadi PTN-BLU yang berintegritas dan berkualitas, serta meningkatkan kemajuan lokal hingga internasional," katanya.

Sementara Rektor USN Kolaka Dr Nur Ihsan mengutarakan USU dipercaya untuk melakukan pendampingan terhadap USN Kolaka. Dosen dari USN Kolaka akan bertugas di USU dalam Focus Group Discussion (FGD). Harapannya dalam waktu singkat dapat meningkatkan status dari PTN-Satker menuju PTN-BLU.

"Kami menaruh ekspektasi yang sangat tinggi. Oleh karena itu kami percaya USU yang dapat mendampingi USN Kolaka menuju PTN-BLU," katanya.

Inisiasi kerja sama tidak akan berhenti di situ saja, namun kedepannya USU dengan USN Kolaka akan terus berkolaborasi di berbagai aspek guna peningkatan mutu universitas.

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024