Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan masuk menjadi salah satu kampus Islam terbaik di Indonesia dengan menempati peringkat kesembilan versi EduRank.

Rektor UINSU Prof Nurhayati mengatakan pencapaian kampus Islam terbaik peringkat sembilan menurut EduRank di Indonesia itu patut disyukuri oleh seluruh keluarga besar UINSU Medan.

"Pencapaian ini patut kita pertahankan dan kita tingkatkan di berbagai aspek di masa mendatang. Misalnya terkait pelayanan akademik, sistem pembelajaran, pelayanan mahasiswa, sarana prasarana, fasilitas dan lain sebagainya," kata Prof Nurhayati di Medan, Senin.

Upaya tersebut, lanjut dia, untuk memenuhi dan mewujudkan visi misi UINSU  sebagai smart islamic university, dengan layanan digitalisasi yang memanfaatkan teknologi informasi bagi segenap sivitas baik mahasiswa dan dosen.

"Tentunya kami berharap agar kinerja terbaik selalu diberikan untuk membesarkan dan memajukan lembaga kampus Islam kebanggaan masyarakat Sumatera Utara," katanya.

EduRank adalah pemeringkatan independen berbasis metrik yang dilakukan terhadap 14.131 universitas dari 183 negara.

Lembaga ini menggunakan database makalah ilmiah terbesar di dunia dengan 83.166.817 publikasi ilmiah dan 1.801.313. 576 sitasi untuk menentukan peringkat universitas di 246 topik penelitian.

Pemilihan universitas terbaik versi EduRank dilakukan berdasarkan hasil penelitian, keunggulan non akademik, dan pengaruh alumni.

Pemeringkatan ditentukan dengan menganalisis 1,3 juta sitasi yang diterima dari 805 ribu publikasi akademik yang dibuat oleh 562 universitas di Indonesia, popularitas 552 alumni yang diakui, dan database referensi terbesar yang tersedia.

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024