Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, memberikan bantuan beasiswa kepada 184 pelajar berprestasi merupakan anak anggota KPRI setempat.

"Jangan dilihat nilai uangnya, namun inilah penghargaan kami kepada kalian yang telah berprestasi di sekolah masing-masing," ujar Ketua KPRI Pemkot Medan Achmad Basarudin di Medan, Sumut, Kamis.

Pemberian bantuan beasiswa ini, kata dia, diharapkan dapat memotivasi 184 pelajar, yang terdiri atas 61 pelajar SD, 61 pelajar SMP, dan 62 pelajar SMA agar lebih meningkatkan prestasinya.

Adapun besaran bantuan beasiswa untuk jenjang pendidikan SD juara I mendapat uang tunai sebesar Rp1,5 juta, juara II Rp1,25 juta, dan juara III Rp1 juta.

Jenjang SMP juara I mendapat Rp1,75 juta, juara II Rp1,5 juta dan juara III Rp1,25 juta, sedangkan SMA juara I Rp2 juta, juara II Rp1,75 juta dan juara III Rp1,5 juta.

"Untuk SD beasiswa yang kita berikan siswa kelas IV naik kelas V, dan kelas V naik kelas VI. SMP kelas VII naik kelas VIII, dan kelas VIII naik kelas IX. SMA kelas X naik kelas XI dan kelas XI naik kelas XII," katanya.
 

Menurut dia, dalam menentukan penerima beasiswa tersebut berdasarkan surat keterangan dari pihak sekolah siswa yang bersangkutan.

"Awalnya kita umumkan kepada anggota koperasi, kemudian anggota koperasi mengajukan nama anaknya yang berprestasi dengan membawa surat keterangan dari sekolah," tutur Achmad.

Baca juga: Ratusan pencari kerja berebut lowongan di bursa kerja Pemkot Medan

Pengawas KPRI Pemkot Medan Sulaiman Harahap mengatakan bantuan beasiswa ini diharapkan dapat bermanfaat dan semakin meningkatkan prestasi para pelajar.

Ia menyebutkan pemberian bantuan beasiswa ini untuk mendukung visi misi Wali Kota Medan Bobby Nasution mewujudkan Medan berkah, maju, dan kondusif.

"Medan maju adalah bagian dari visi misi itu, yakni meningkatkan kualitas pendidikan warga Kota Medan. Kegiatan hari ini bentuk dukungan kita terhadap visi misi itu," katanya.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023