Ratusan pencari kerja berebut lowongan pekerjaan di job fair (bursa kerja) mini Pemkot Medan, Sumatera Utara, yang digelar di halaman kantor Camat Medan Perjuangan, Rabu.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan Illyan Chandra Simbolon di Medan, Rabu, mengatakan pencari kerja yang berebut pertanda antusias yang tinggi.

"Ini sebagai upaya kita menekan pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat lewat job fair mini di kantor kecamatan setempat agar lebih mudah dijangkau," katanya. 

Bursa kerja mini, lanjut dia, merupakan yang ketujuh kali diadakan di halaman kantor kecamatan di Kota Medan yang terbukti mampu menyerap ratusan tenaga kerja.

Tercatat bursa kerja mini Pemkot Medan telah digelar di enam kantor camat berbeda, yakni Medan Deli, Medan Helvetia, Medan Barat, Medan Tembung, Medan Amplas dan Medan Marelan.

"Di job fair mini di halaman kantor Camat Medan Perjuangan ini terdapat 560 lowongan kerja dari 12 perusahaan ternama di Kota Medan," papar dia.
Dari 560 lowongan pekerjaan yang tersedia, ada juga lowongan menjadi tenaga perawat bagi yang ingin bekerja ke Singapura.

"Bagi masyarakat yang ingin melamar kerja terlebih dahulu harus registrasi di aplikasi Siduta. Apabila mengalami kesulitan bisa langsung bertanya ke petugas yang berjaga," ungkapnya. 

Data Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan mencatat tingkat pengangguran terbuka di Kota Medan pada Agustus 2022 turun menjadi 8,89 persen dari sebelumnya 10,81 persen pada Agustus 2021.

"Mudah-mudahan job fair mini yang diadakan di masing-masing kecamatan ini bisa menurunkan pengangguran di Kota Medan sekaligus tingkat kriminalitas," tutur Illyan.

Widya Ningsih, pencari pekerjaan yang dari pagi telah datang ke halaman kantor Camat Medan Perjuangan mengaku dirinya sangat terbantu dengan bursa kerja mini Pemkot Medan ini. 

"Kita tahu kan zaman sekarang susah cari kerja. Adanya job fair ini memudahkan saya untuk melamar pekerjaan, dan apalagi diadakan di halaman kantor camat dekat tempat tinggal saya," katanya. 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023