Pemerintah-pemerintah daerah memanfaatkan Kodam I Bukit Barisan Expo 2023 untuk memperkenalkan beragam produk UMKM dari wilayah mereka kepada masyarakat.

"Di sini, kami mau memperkenalkan produk UMKM Tapanuli Tengah. Selain itu, kami juga ingin menginformasikan soal potensi wisata daerah kami," ujar Pembina Industri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Tapanuli Tengah Riza Erliana kepada ANTARA di Kodam I Bukit Barisan Expo 2023, Lapangan Benteng Medan, Rabu.

Oleh karena itu, Riza melanjutkan, pihaknya membawa beberapa hasil produksi UMKM Tapanuli Tengah ke pameran tersebut.

Produk-produk itu misalnya kain tenun, madu, gula aren "Injit", keripik dan beberapa jenis pernak-pernik.

Sementara kekayaan objek wisata Tapanuli Tengah diperkenalkan melalui brosur-brosur yang dapat dibawa oleh pengunjung.
Tujuan serupa juga ingin dicapai oleh Pemerintah Kabupaten Karo. Analis Perdagangan Disperindag Kabupaten Karo Dika Regina Ginting menyebut, hal itulah yang membuat mereka membawa produk-produk UMKM terbaiknya ke Bukit Barisan Expo 2023.

"Kami menyiapkan beberapa produk unggulan seperti minyak karo, kain tenun dan kerajinan tangan lain. Semoga masyarakat dapat lebih mengenal produk UMKM dari Karo," kata Dika.

Kodam I Bukit Barisan Expo 2023, yang digelar pada 16-20 Juli 2023 di Lapangan Benteng Medan, menampilkan pameran beberapa alat utama sistem senjata (alutsista) dan perlengkapan yang dimiliki prajurit Kodam I Bukit Barisan serta Polri.

Bukan cuma itu, pameran tersebut juga menyediakan tempat untuk puluhan UMKM baik yang bergerak di bidang kuliner maupun kriya.

Selain dari Medan, produk-produk UMKM yang ditampilkan juga datang dari beragam wilayah di Sumut seperti Kabupaten Tapanuli Tengah, Kabupaten Karo, Kabupaten Dairi dan Kabupaten Pakpak Bharat.
 

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023