Wali Kota Medan, Sumatera Utara, Bobby Nasution memastikan stok bahan makanan pokok hingga Idul Fitri 1443 Hijriah dalam kondisi aman dan terpenuhi.
"Untuk stok bahan pokok sampai Lebaran nanti masih aman," kata Bobby Nasution di Medan, Kamis.
 
Bobby menyebut bahwa kondisi stok aman tersebut dari hasil pengecekan di sejumlah pasar tradisional dan modern yang dilakukannya bersama unsur forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kota Medan.
 
"Bahkan dua bulan ke depan stok bahan pokok masih aman," kata Wali Kota Medan.
 
Ia mengungkapkan sebagian besar harga bahan pokok cenderung naik berdasarkan hasil pengecekan. Misalnya, harga daging ayam yang biasanya dijual seharga Rp32.000 per kilogram menjadi Rp35.000 sampai Rp37.000 ribu per kilogram.
 
Kemudian, lanjutnya, telur ayam yang biasanya Rp1.500 per butir kini naik menjadi Rp2.000 per butir, serta tomat yang biasanya Rp8.000 per kilogram naik menjadi Rp12.000 per kilogram.

Baca juga: Wali Kota Medan pantau harga bahan pokok jelang Idul Fitri
 
Ia mengatakan bahwa kenaikan harga sejumlah bahan pokok ini disebabkan harga jual pakan yang naik, bukan karena kondisi stok pangan yang berkurang.
 
"Jadi bukan karena stoknya yang berkurang," kata Wali Kota Medan.
 
Bobby Nasution pun mengimbau masyarakat Kota Medan untuk tidak melakukan panic buying atau pembelian berlebih terkait stok bahan makanan maupun harga bahan pokok yang naik menjelang Lebaran.
 
"Sehingga tidak menciptakan kelangkaan," kata Bobby.

Baca juga: Tingkatkan kebersamaan, BobbyNasution buka puasa bersama jurnalis

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022