Polres Batubara menggelar rapat koordinasi (Rakor) lintas sektoral dalam rangka kesiapan pengamanan Idul Fitri 1443 Hijiriah tahun 2022.

kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Wira Pradana Polres Batubara yang dihadiri Asisten I Pemkab Batubara, Russian Heri, Selasa (19/4).

Kapolres Batubara AKBP Jose DC Fernandes SIK MH, mengatakan rakor ini sebagai bentuk kesiapan pelaksanaan pengamanan Idul Fitri 1443 H.

"Kesiapan seperti aspek personel maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur-unsur yang terkait seperti halnya TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas lainnya," ujar mantan Wakapolres Pelalawan.

Jose menerangkan, pengamanan tersebut bertujuan untuk memberikan jaminan keamanan dan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

"Khususnya umat Muslim, agar dapat menjalankan ibadah puasa Ramadan dan merayakan Idul Fitri 1443 H dengan aman, nyaman, tertib, dan lancar di tengah pandemi COVID-19," terang mantan Kasubdit Paminal Bidpropam Polda Banten.

Baca juga: Polres Batubara bagikan masker kepada pengendara saat atur arus lalu lintas

Lanjut dijelaskan Jose pengamanan juga untuk mengantisipasi permasalahan di masyarakat di antaranya kelangkaan minyak goreng, antrian BBM solar, kemudian kenaikan harga beberapa kebutuhan pangan.

"Kami mengajak seluruh pihak terkait beserta seluruh komponen masyarakat untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam menekan laju perkembangan COVID-19 dan mengamankan ketersediaan dan distribusi bahan pangan," jelasnya.

Terkait pengamanan Idul Fitri, kata Jose tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa sehingga menjadikan para personel yang ditugaskan cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat.

"Virus COVID-19 belum berakhir, kita harus peduli, jangan sampai akan menimbulkan klaster-klaster baru. Untuk itu, mari semua lebih mempersiapkan diri serta memberikan dedikasi dan pengabdian terbaik dalam pelaksanaan pengamanan perayaan Idul Fitri 1443 H," terang Alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) Tahun 2001.

Sementara itu Asisten I Pemkab Batubara, Russian Heri mengapresiasi pelaksanaan rakor lintas sektoral ini.

"Atas nama Pemkab Batubara, kami mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Batubara dan jajaran yang telah menginisiasi pelaksanaan rakor, sebagai upaya mengantisipasi berbagai aspek dan dinamika yang berkembang menjelang hari raya Idul Fitri 1443 H," kata Russian.

Aspek-aspek lain perlu dipersiapkan seperti pencegahan penyebaran COVID-19, walaupun sudah cenderung melandai, namun tetap diwaspadai supaya tidak terjadi penambahan yang signifikan.

Oleh karenanya, dalam rakor ini diharapkan dapat mengidentifikasi potensi-potensi kerawanan, baik ketersediaan bahan pokok, bahan strategis, ketersediaan angkutan, kemudian vaksinasi, termasuk tempat-tempat yang berpotensi terjadinya kerumunan orang.

"Kita berdoa bersama agar selama bulan Ramadan hingga Idul Fitri nanti semua akan berjalan dengan baik, aman. Sehingga Kabupaten Batubara akan tetap menjadi daerah yang rukun dan damai," pungkasnya.

Pewarta: Rahmat Hidayat

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022