Kementerian Pertanian tidak pernah berhenti meningkatkan kualitas SDM pertanian. Semua sektor dikerahkan, termasuk melalui Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan. Sebagai unit pelaksana teknis, Polbangtan Medan  memfasilitasi kegiatan pembinaan karakter pegawai  bertema “Bangun Sinergitas untuk Polbangtan Medan Bermartabat” yang berlangsung di Sabang, Aceh pada Jumat - Minggu (26-28/11/2021).

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menekankan, penguatan SDM pertanian wajib dilakukan dan masuk dalam program prioritas Kementerian Pertanian.

"Karena keberhasilan pembangunan pertanian terletak pada kekuatan SDM pertanian yang berkualitas, andal, professional serta berdaya saing," katanya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi, mengatakan pembentukan karakter insan pertanian juga dibutuhkan dalam pembangunan pertanian. 

“Sebuah organisasi dapat dikatakan berhasil jika ada kekompakkan dalam satu tarikan nafas”, tutur Dedi.

“Apapun yang terjadi kekompakan adalah segala-galanya” sambung Dedi.

Menurutnya, sebuah institusi memiliki media atau cara untuk menjaga hubungan dan menumbuhkan iklim kerja yang produktif di lingkungan kerja. Dalam menuju reformasi birokrasi yang bersih, kompeten dan melayani perlu adanya pembinaan yang bukan hanya meningkatkan fungsi kinerjanya saja, tetapi juga emosional dan spiritual.

Dalam kegiatan pembinaan karakter pegawai Polbangtan Medan, Direktur Polbangtan Medan Yuliana Kansrini mengatakan sebanyak 80 orang pegawai yang ikut serta dalam pembinaan karakter  pegawai diharapkan mampu bekerja lebih maksimal, semangat, menjadi tim yang solid dan kompak kedepannya.

“Diharapkan semua pegawai memiliki kesadaran dan tanggung jawab terhadap institusi karena kalau kita bekerja dengan niat ibadah, maka itu akan menjadi Amal Jariyah baik bagi kita semua. Tidak hanya mengharapkan insentif saja, tapi lebih dari itu. Jika kita bekerja sambil beribadah, itu jauh lebih bermartabat, lebih mulia dan menguntungkan," kata Yuliana.

Baca juga: Lewat Gerakan Pramuka, Polbangtan Kementan bentuk karakter milenial

Motivator Dosi Elfian yang juga Founder Dosielfian Smart Speaking menjadi narasumber dalam kegiatan pembinaan karakter pegawai Polbangtan Medan dengan memberikan motivasi tentang komunikasi.
Dosi mengatakan komunikasi sangat berperan penting dalam pekerjaan terutama saat memberi pemahaman dan wawasan tentang situasi dan masalah terkini.

“Ayo percaya diri dan hargai diri sendiri. Kita harus percaya diri berkomunikasi. Jika kita takut berkomunikasi, nantinya hal ini akan berpengaruh juga dengan kinerja kita. Dan kita juga harus bisa menghargai diri kita sendiri sehingga nantinya kita juga akan mampu menghargai orang lain, "ajak Dosi.

“Tersenyum merupakan sedekah maka balaslah senyuman orang lain dengan senyuman juga. Dengan senyum, diri kita dan orang lain akan lebih enjoy. Cara tersenyum adalah dengan bersyukur dan bahagia. Tersenyumlah maka kebaikan akan bertambah, ” kata Dosi.

Kegiatan pembinaan karakter pegawai juga dirangkai dengan outbond di alam terbuka bertujuan untuk memotivasi seluruh pegawai agar mampu menjalankan tugasnya dengan profesional, akuntabel, integritas dan inovatif (PROAKTIF), jujur, bermental baik, berwibawa, serta ikhlas dalam memberikan pelayanan.

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021