Delapan keluarga korban kebakaran di Banjar Pagur Kelurahan Panyabungan III mendapat bantuan dari Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal.

Bantuan berupa uang tunai lewat buku rekening Bank Sumut tersebut langsung diserahkan Bupati Mandailing Nat, HM Jakfar Sukhairi Nasution, Rabu (22/9).

Dalam penyerahannya, Bupati turut juga didampingi anggota DPRD Madina, Dodi Martua, Kepala Dinas Sosial, Taufik Lubis, Kabag Protokol, Wildan Nasution dan Kabid Pengelolaan dan Informasi Publik, Sobar Nasution serta unsur Kecamatan dan Kelurahan.

Baca juga: Dek penahan jalan ruas Panyabungan - Pagur mulai dikerjakan

Pada kunjungan itu, Bupati menyampaikan turut berduka cita atas musibah kebakaran yang terjadi pada 19 Juli 2021 lalu. 

Ia berharap kehadirannya itu dapat mengurangi rasa trauma mendalam yang dialami korban.

"Secara pribadi turut berduka atas musibah ini, peristiwa ini adalah bukan kemauan kita, akan tetapi sudah ditakdirkan Allah SWT. Hari ini saya hadir untuk menyerahkan bantuan berupa uang tunai yang dibuat dalam bentuk rekening masing-masing korban, semoga dapat dipergunakan dengan baik termasuk menambah biaya pembangunan rumah," kata Sukhairi.

Sementara itu, Dodi Martua merasa terharu kedatangan orang nomor 1 di Madina itu.

Ia menyebut tidak akan bisa membalas kebaikan Bupati atas kepeduliannya kepada masyarakat.

Baca juga: PPKM Madina turun menjadi level 3

"Selamat datang pak Bupati di Panyabungan III, secara pribadi saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya. Kepada Dinas Sosial pun kami bangga karena sudah proaktif menyalurkan bantuan bagi masyarakat terdampak musibah," ungkap Dodi.

Dodi menyebut, bantuan seperti ini sangat diharapkan masyarakat. Ia juga mengaku sebelumnya pihak Pemerintah Daerah dan para Dermawan sudah pernah menyalurkan bantuan berupa logistik dan sembako kepada korban kebakaran.

Kepala Dinas Sosial Madina, Taufik Lubis menyebutkan, bantuan berupa uang tunai yang diberikan kepada delapan rumah tangga korban kebakaran di Panyabungan III itu totalnya Rp 74 juta. 

"Penerima bantuan menerima secara bervariasi, ada yang Rp 10 juta per rumah tangga dan ada juga Rp 7 juta," terangnya.

Zainuddin Lubis (49 tahun) salah seorang korban kebakaran mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Bupati dan Pejabat Pemkab Madina lainnya atas bantuan yang selama ini dia tunggu.

"Meskipun tidak cukup untuk membangun rumah saya seperti sedia kala, namun ini adalah anugerah rezeki yang sangat kami harapkan. Terima kasih kepada Pemda Madina, semoga bapak Bupati sehat selalu dalam memimpin Madina," ucapnya penuh haru.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021