Penumpang pesawat pada Hari Natal 2020 di Bandara Internasional Kualanamu Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, diperkirakan hampir mencapai 15.300 orang dengan menggunakan berbagai penerbangan.

Plt Manajer Branch Communication & Legal Angkasa Pura (AP) II, Paulina Simmbolon, di Deli Serdang, Jumat, mengatakan penumpang yang tiba di Bandara Kualanamu itu, dari berbagai daerah di Tanah Air, baik dari Pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Papua, NTB, Pekanbaru, dan Batam.

Baca juga: Penumpang mudik di Bandara Kualanamu Deli Serdang capai 18.000 orang

Ia menyebutkan para penumpang datang itu bertujuan untuk merayakan Tahun Baru 2021 di kampung halaman mereka.

"Saat penumpang tersebut tiba di Bandara Kualanamu dilakukan validasi surat hasil tes COVID-19, baik itu rapid test antigen maupun PCR oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan," ujar Paulina.

Pada Kamis (24/12) menjelang Natal penumpang arus mudik di Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, mencapai sekitar 18.000 orang dengan 160 penerbangan.

Dalam menghadapi lonjakan penumpang yang terus semakin bertambah, kata dia, seluruh staf di Bandara Kualanamu meningkatkan kesiapan dan kesigapan personel.

Disamping itu pengguna jasa pesawat diimbau untuk memperhatikan persyaratan penerbangan, termasuk yang berlaku di tengah pandemi COVID-19 demi mendukung kelancaran proses penerbangan.

Calon pengguna jasa pesawat juga diimbau tetap menerapkan 3M yakni menjaga jarak di setiap titik, menggunakan masker, dan sering mencuci tangan dengan menggunakan sabun serta air mengalir.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020