Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Utara dan Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Sumut melaksanakan kegiatan tes cepat dan tes usap gratis untuk kaum perempuan dalam rangka peringatan Hari Ibu ke-92.
 
Kegiatan tersebut berlangsung di Kantor TP PKK Sumut, Jalan Teuku Cik Ditiro Medan, Kamis (17/12).
 
“Kita mengadakan ini dalam rangka Hari Ibu ke-92. Jadi kita adakan tes cepat dan tes usap untuk kaum perempuan,” kata Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi.

Baca juga: Dua kabupaten di Sumut sudah zona hijau COVID-19
 
Menurutnya, peran ibu dalam penanganan COVID-19 adalah sebagai pengingat anggota keluarganya untuk menerapkan 3M yakni gerakan mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan memakai masker.
 
“Kecerewetan ibu dalam hal ini memang diperlukan dalam masalah COVID-19. Karena ibu-ibu kalau suaminya berangkat keluar pakai masker, kemana-mana ingatkan pakai masker. Jadi ibu orang yang selalu mengingatkan keluarga,” ujar Nawal. 
 
Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Sumut Hidayati mengapresiasi kegiatan tersebut.
 
Ia mengatakan bahwa kegiatan ini sangat mendukung upaya Satgas Penanganan COVID-19 Sumut dalam memasifkan testing, tracing dan treatment atau 3T.
 
“3T adalah aspek yang merupakan satu kesatuan yang harus dilakukan dalam penanganan COVID-19, sehingga penyebarannya bisa kita tekan,” ujarnya.
 
Selain 3T, kata dia, gerakan 3M juga harus diterapkan oleh setiap orang. Hal tersebut untuk memutus rantai penularan COVID-19 di Sumut. 
 
"Dalam hal ini peran kaum ibu juga memiliki posisi yang sangat penting, yakni menjaga keluarganya dengan senantiasa mengingatkan 3M kepada seluruh anggota keluarga," katanya.
 

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020