Serikat Mahasiswa (Serma) Tapanuli Selatan membangun program "Sapa Negeri" dalam rangka membantu mencerdaskan kehidupan bangsa di wilayah ini.

"Tujuannya memberikan edukasi melalui bimbingan belajar (Bimbel) kepada anak secara gratis," Yahya Habibie Nasution, Ketua umum Serma mengutarakan kepada ANTARA, di Sipirok, Rabu (17/6).

Lokasi Bimbelnya saat ini berrada di 4 titik yakni 2 tempat di Desa Tolang Julu, Kecamatan Sayur Matinggi, Desa Sipangko, Kecamatan Angkola Muaratais dan Benteng Huraba, Kecamatan Batang Angkola masing-masing 1 tempat.

Baca juga: Menyongsong era normal baru wisata Tapsel mulai bergairah

Baca juga: Dukung program Mentan, PPL Tapsel gelar apel siaga ketahanan pangan di tengah COVID-19

"Bimbingan bejar gratis dirumah tenaga didik yang juga anggota Serma ini untuk anak-anak sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP). Belajarnya Senin dan Sabtu," katanya.

Saat ini sudah ada 10 anak-anak desa tersebut yang aktif mendapatkan bimbingan belajar secara gratis yang pelaksanaannya pada hari Senin dan hari Sabtu.

"Tidak ada salahnya bagi kawan-kawan seluruh keanggotaan Serma untuk memberikan  ilmu yang selama ini telah  mereka dapatkan di bangku perkuliahan sebagai wujud kontribusi nyata untuk negara ini," terangnya.

Mencerdaskan kehidupan bangsa, kata Yahya, merupakan tanggung jawab segenap elemen masyarakat termasuk Serma Tapanuli Selatan.

"Program "Sapa Negeri" memiliki tujuan mulia agar generasi anak bangsa utamanya di Tapanuli Selatan tumbuh menjadi orang-orang pintar dan berkualitas," katanya.

Selain itu untuk mengajak anak-anak melakukan hal-hal yang produktif serta upaya menghindari anak-anak dari hal-hal negatif lainnya disaat sekembali pulang dari sekolah.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020