Pemkot Padangsidimpuan melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) membersihkan bangkai ikan dari kolam air mancur depan Pos Polisi Polres Kota Padangsidimpuan. 

Pasalnya, bau tak sedap dari kolam itu sangat menggangu warga di inti kota yang melintas, ucap Plt. Kepala Dinas Perkim Pemkot Padangsidimpuan Imbalo Siregar, Selasa.

Amatan di lapangan, Selasa (3/3), bau tak sedap itu muncul dari banyaknya bangkai ikan yang mengapung di kolam. Adapun ikan itu sebelumnya dilepas oleh beberapa oknum yang mengaku aktifis lingkungan di Padangsidimpuan.

Baca juga: Kepala Desa diminta gunakan anggaran tepat sasaran

Lanjut, Imbalo Siregar, sejumlah pegawai dan satu mobil tangki air turut dipergunakan untuk membersihkannya. Selain membuang bangkai ikan, mereka juga mengganti air dan menguras kolam yang dibangun dari CSR PT. Bank Sumut tersebut.

Didampingi Kabid Perumahan dan Permukiman Mhd. Dasuki Nasution bersama Kasi Sarana dan Prasarana Umum Bundel Nasution, Plt. Kadis Perkim menyebut mesin air juga rusak. Pihaknya sedang mempertimbangkan apakah mengganti atau memperbaikinya. 

Baca juga: Kapolda perintahkan kapolres tindak tegas perjudian

Baca juga: Viral di medsos video siswi berkelahi di Padangsidimpuan

Terpisah, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemko Sidimpuan Nurcahyo Budi Susetyo yang turut hadir di lokasi menambahkan, pembersihan ini berawal dari munculnya bau tak sedap yang bersumber dari tugu air mancur.

Warga yang berada dan melintas di inti kota sangat terganggu dengan bau tak sedap itu. Kemudian mengeluhkannya lewat update status di berbagai media sosial. Ada juga yang menyampaikannya langsung lewat pesan WA kepada Wali Kota Irsan Efendi Nasution.

“Seharusnya kolam ini dibersihkan tadi malam atau begitu ada keluhan masyarakat yang disampaikan langsung kepada bapak Wali Kota yang sedang tugas luar daerah. Namun karena sedang turun hujan deras, pembersihan akhirnya dilakukan pagi ini,” kata Cahyo.

Selain kolam air mancur di depan Pos Polisi Kota, Plt. Kadis Perkim bersama anggota juga membersihkan kolam air mancur yang berada di depan Plaza ATC dan kantor Camat Sidimpuan Utara. “Kita juga akan bersihkan kolam air mancur Tugu Perjuangan Siborang, semua akan kita percantik,” kata Imbalo.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020