Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan - KPU setempat telah menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk Pilkada serentak 2020 sebesar Rp30,2 milyar, pada Senin (30/9)

Perjanjian NPHD ini ditandatangani oleh Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu S.H dan Ketua KPU setempat Panataran Simanjuntak di ruang kerja Kantor Bupati Tapanuli Selatan lama di Padangsidimpuan.

Turut menyaksikan penandatanganan NPHD dalam rangka suksesnya pesta demokrasi 2020 di daerah tersebut yakni Sekda Parulian Nasution, Asisen, Plt.BPKAD Frananda , Kakankesbang Hamdy Pulungan serta pejabat eselon lainnya dan komisioner KPU lainnya yakni Efendi Rambe, Syawaluddin Lubis, Kemri Syafii Nasution, dan Zulhajji Siregar.

Menurut Bupati Syahrul penandatanganan NPHD ini tercepat kedua dari 23 Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan Pilkada serentak 2020, setelah Kota Sibolga lebih awal.

"Atau lebih cepat satu hari dari waktu maksimal ditentukan paling lambat 1 Oktober 2019, sesuai PKPU nomor 15 Tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal Pilkada Bupati/Wakil Bupati 2020,"  jelasnya sembari berharap tahapan Pilkada dapat berjalan optimal sesuai dengan harapan terutama dalam tahapan sosialisasi.

Bupati lebih jauh berharap anggaran ini nantinya dapat digunakan sesuai aturan, sehingga penyelenggaraan Pilkada 2020 Tapanuli Selatan berjalan lancar bahkan menjadi contoh bagi kabupaten/kota lainnya di Sumut.

Dari total Rp30,2 milyar anggaran Pilkada pemilihan Bupati/wakil Bupati Kabupaten Tapanuli Selatan tahun 2020 Rp2,2 milyar bersumber dari P-APBD tahun anggaran 2019 dan Rp28 milyar bersumber APBD induk tahun anggaran 2020.

Ketua KPU Tapanuli Selatan Panataran Simanjuntak mengatakan sangat mengapresiasi Pemkab (Bupati) Tapanuli Selatan atas telah ditandatanganinya NPHD demi suksesnya Pelaksaaan pesta demokrasi di daerah ini.

"Terwujudnya NPHD ini tidak lepas dari kerja-kerja Bupati Tapanuli Selatan bersama KPU dalam pembahasan anggaran yang disesuaikan dengan kebutuhan sehingga sampai pada titik kesepakatan, kami ucapkan terimakasih," katanya.

Baca juga: Mapan RI Tapsel bangun silaturahim lewat touring susuri Pantai Barat

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019