Membangun negeri dan kebangsaan melalui keberadaan sumber daya manusia yang berkualitas dan unggul sesuai program kerja Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk lima tahun ke depan mendapat dukungan penuh Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan.

"Bangsa ini, utamanya masyarakat Tapanuli tidak akan terbangun dari tidur panjang impian demi impian meraih masa emasnya tanpa terwujudnya SDM unggul dan berkualitas," terang Nikson, di tengah wawancara eksklusif ANTARA, Sabtu (24/8).

Dikatakan, SDM unggul yang terarah penuh kebaikan dan dedikasi akan menjadi modal prima dalam mewujudkan cita-cita luhur pendiri bangsa, Bung Karno dengan wasiat Trisakti, yakni berdaulat dalam politik, berdikari di bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan.

Untuk itu, Nikson sangat berharap, pendirian universitas negeri di Tapanuli Raya sebagai sarana dan prasarana dalam menciptakan SDM unggul berkualitas, menjadi impian yang selayaknya direalisasikan pemerintah pusat.

"Dengan SDM unggul, kemajuan bangsa tentunya tidak lagi sekedar impian. Dan untuk mewujudkannya, perlu sekali untuk mendirikan universitas negeri di Tapanuli Raya," sebutnya.

Baca juga: Pasar Tarutung terbakar, kerugian material ditaksir Rp200 juta

Menurut Nikson, dengan berdirinya Universitas Tapanuli Raya, selain menciptakan SDM unggul, efek domino yang ditimbulkan juga akan turut menunjang keberhasilan program super prioritas destinasi wisata Danau Toba, serta peningkatan perekonomian masyarakat.

"Universitas berdiri, sudah barang tentu mahasiswa-mahasiswinya menjadi bagian dari wisatawan lokal yang akan mengunjungi kawasan wisata Danau Toba," ujarnya.

Politisi PDI Perjuangan itu menyebutkan, niat dan keinginan yang seiring program kerja Presiden Jokowi tersebut juga menjadi poin upaya Bupati se-kawasan Danau Toba dalam menciptakan SDM unggul melalui usulan peningkatan status Institut Agama Kristen Negeri menjadi Universitas Tapanuli Raya.

Baca juga: Bupati Taput apresiasi TPL sebagai mitra terbuka kepada seluruh pihak

"Meningkatkan status IAKN menjadi Universitas Negeri Tapanuli Raya akan mewujudkan peningkatan SDM, peningkatan ekonomi mikro, dan guna mendukung Danau Toba sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional. Itu adalah usulan bersama  Bupati se-kawasan Danau Toba kepada Presiden Joko Widodo," jelasnya.

Sebelumnya, dalam memperingati HUT ke-74 RI, 17 Agustus 2019, pemerintah mengangkat tema 'SDM Unggul Indonesia Maju' yang menurut Presiden Joko Widodo, tema tersebut diambil karena menjadi konsentrasi pembangunan tanah air untuk lima tahun ke depan.

Baca juga: Pemkab Taput klaim kepemilikan RSU Tarutung, HKBP: Kita terbangun, reaksi kita profesional

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019