Ketua TP PKK Kabupaten Tapanuli Selatan Syaufia Lina Syahrul mengunjungi Desa Benteng Huraba, Kecamatan Bantang Angkola, Senin (1/7) sore.

Desa Benteng Huraba salah satu dari beberapa desa di Tapanuli Selatan yang akan mendapat penilaian tingkat Provinsi Sumut dalam lomba desa binaan kategori 'Hatinya PKK' 2019.

Dalam kunjungannya Syaufia Lina Syahrul melakukan pembinaan kepada 15 kelompok dasa wisma, pemerintahan desa, tokoh masyarakat, penyuluh pertanian, dan unsur PKK desa di daerah tersebut.

Dihadapan Camat Batang Angkola Taufik R.Lubis dan Ketua TP.PKK Kecamatan Batang Angkola,  Syaufia berpesan agar seluruhnya saling bahu membahu, mendukung dan kerjasama yang baik memberhasilkan desa binaan 'Hatinya PKK' Benteng Huraba.    

Kerjasama dengan memanfatakan lahan pekarangan di masing-masing rumah warga menanam berbagai tanaman apotik hidup, lumbung hidup, warung hidup, bisa juga kolam terpal ikan lele, dan ternak itik atau ayam.

Baca juga: PKK Kecamatan Angkola Muaratais dikukuhkan

Baca juga: Pererat silaturrahmi, PKK Tapsel halal bihalal

Baca juga: Tapsel ikut sertakan 10 desa binaan PKK ikut lomba tingkat Provinsi Sumut


Syaufia juga dalam kesempatan ini menyerahkan sekaligus melakukan gerakan tanam (Gertam) bibit hortikultura seperti bibit cabai, tomat, dan sayuran lainnya kerjasama Dinas Pertanian setempat.

Dilanjutkan penaburan benih ikan lele bantuan Dinas Perikanan ke kolam terpal, serta pemberian bantuan itik secara simbolis kemasing kelompok dasa wisama di Desa Benteng Huraba. Bantuan ini dari Dinas Pertanian, Pemdes, dan Ketua TP.PKK Kabupaten Tapanuli Selatan.

Menurut Syaufia, selain tertib administrasi, keberhasilan tanaman obat keluarga, hortikultura pemenuhan kebutuhan keluarga tambah sayuran, buah-buahan, ikan, dan berprilaku hidup bersih penting sebagai indikator penilaian tim monitoring dan evaluasi provinsi kategori 'Hatinya PKK' 2019.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019